SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODEL-MODEL PERMAINAN BOLAVOLI UNTUK SISWA KELAS III SDN BUNUL REJO IV MALANG

Vicky Mutiara Sandhy

Abstrak


ABSTRAK

 

Shandy, Vicky Mutiara. 2013. Pengembangan Model-Model PermainanBolavoliuntukSiswaKelasIIISDNBunulRejo IV Malang. Skripsi, JurusanPendidikanJasmanidanKesehatanUniversitasNegeri Malang.Pembimbing: (1) Dr. Roesdiyanto, M.Kes (2)Dra.Sulistyorini, M.Pd

 

 

Kata Kunci:Pengembangan, Model-model PermainandanBolavoli

 

Pendidikandapatberlangsungsecara formal maupun non formal.Pendidikan formal seringdijumpai di masyarakatberupalembagapendidikan yang terdiridaribeberapajenjangsatuanpendidikan.Pendidikannonformalsepertirumahsinggah, bimbinganbelajar, pelatihan-pelatihandll.Tujuanpendidikandasardiharapkanmampumenghasilkanmanusia yang memilikibekalkemampuandasardalammewujudkankualitaskehidupan yang layakmampumengembangkannya.Sesuaidengantujuanpendidikandasartersebutmaka guru harusdapatmewujudkansiswauntukberkembangsecara optimal.Siswa yang berkembangdengan optimal adalahsiswa yang sehatsecarajasmanimaupunrohanisehinggadapatmenyelesaikantugasbelajarnyadenganbaik.

Salah satuaspekpendidikan yang disempurnakanadalahkurikulum.Kurikulum 1994 disempurnakanmenjadiKurikulumBerbasisKompetensi (KBK), lalu KBK menjadikurikulumterbaruyaitukurikulum 2006 yang lebihdikenaldenganKurikulum Tingkat SatuanPendidikan (KTSP). Selainkurikulum, penyempurnaanjugadilakukanpadatujuanpembelajaran multimedia.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model-modelpermainan dalam pembelajaran bolavoli siswa kelas III SDN Bunul Rejo IV Malang. Sehingga dengan adanya pengembangan model-model permainan ini diharapkan dapat membantu dan mempermudah dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani. Permainan bolavoli merupakan salah satu cabang olahraga beregu yang dimainkan oleh enam orang dalam setiap regu. Permainan bolavoli akan dapat dilakukan dengan baik apabila adanya kerjasama dari para pemain dan penguasaan teknik yang baik dari setiap pemain

Penelitianinitermasukdalamjenispenelitianpengembangan. Padapengembangan model-model permainandalampembelajaranbolavolisiswakelas III SDN BunulRejo IV Malang, penelititidakmemakaikeseluruhanlangkah-langkah model pengembanganoleh Borg, dan Gall (1983:775), tetapihanyamenggunakan7 langkah, karenadisesuaikandengankeadaanlapangan, keterbatasanwaktu, dantenaga.Jadipenelitianinihanyasampaitahappembuatanprodukakhirtanpaujikeefektifanproduk.

Sedangkan berdasarkanhasilanalisis data ujicoba (kelompokkecil) diperolehpersentaseModel PermainanMelempar Bola Mini KeDalamKeranjangDenganDuaTangan Dari Bawah78%, Model PermainanMelempar Bola Mini Dari AtasBerpasangan 73%, Model PermainanMelempar Bola Mini Dari AtasBerkelompok 75,4%, Melempar Bola Mini Dari BawahBerpasangan 75,4%, Melempar Bola Mini Dari BawahBerkelompok 72%, Melempar Bola Mini SambilBergoyangBerpasangan 77%, Memukul Bola Mini SecaraBerkelompok 75%, GameHanyaDenganMenggunakanPassingBawah 74% persentasetersebuttermasukdalamkriteriabaiksertahasilanalisis data ujilapangan (kelompokbesar) diperolehpersentaseModel PermainanMelempar Bola Mini KeDalamKeranjangDenganDuaTangan Dari Bawah81%, Model PermainanMelempar Bola Mini Dari AtasBerpasangan 78%, Model PermainanMelempar Bola Mini Dari AtasBerkelompok 75,8%, Melempar Bola Mini Dari BawahBerpasangan 77%, Melempar Bola Mini Dari BawahBerkelompok 76,5%, Melempar Bola Mini SambilBergoyangBerpasangan 78%, Memukul Bola Mini SecaraBerkelompok 76%, GameHanyaDenganMenggunakanPassingBawah 78,5% persentasetersebuttermasukdalamkriteriabaik