SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Keaktifan Gerak Senam Si Buyung Menggunakan Metode Funny Animals Style Pada Siswa Kelas 1 SDN Pandaan 1 Kec. Pandaan Kab. Pasuruan

Handi Satriyo

Abstrak


ABSTRAK

 

Satriyo, Handi. 2013. Peningkatan Keaktifan Gerak Senam Si Buyung menggunakan Metode Funny Animals Style Pada Siswa Kelas 1 SDN Pandaan 1 Kec.Pandaan Kab. Pasuruan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dra. Sulistyorini M.Pd  (2) Drs. Tatok Sugiarto S.Pd., M.Pd

 

Kata Kunci: Meningkatkan Keaktifan Gerak, Senam Si Buyung dengan Metode Funny Animals Style

Pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Tingkat Sekolah Dasar khususnya pada SDN Pandaan 1 masih belum optimal, terutama pada materi Senam Si buyung. Hal ini di sebabkan guru Pendidikan Jasmani sekolah tersebut, kurang dapat memahami dan memperagakan khusus bagaimana cara melakukan gerak pada senam si buyung tersebut. Selain itu guru Pendidikan Jasmani pada Sekolah tersebut kurang dapat menarik minat siswa dalam hal ber olahraga sehingga siswa terkesan Pasif dan tidak menyukai materi Senam. Berdasarkan observasi awal pada kelas 1 SDN Pandaan 1 , diperoleh hasil bahwa siswa kurang aktif, sehingga pembelajaran yang di dapat oleh sisa kurang optimal dan perlu di tingkatkan melalui penerapan metode yang lain.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Keaktifan siswa melalui  Senam Si Buyung dengan Metode Funny Animals Style Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan diskriptif kualitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus, 1 siklus 3 kali pertemuan dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 34 siswa kelas 1 SDN Pandaan 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan) melalui praktik senam si buyung tersebut bisadilihat dari persentase keberhasilan siswa dalam melakukan praktik senam si buyung menggunakan metode funny animals style setelah diberikan tindakan dari siklus I dan siklus II.

 Berdasarkan hasil penelitian sebelum siswa diberikan pembelajaran dengan 2 siklus presentase siswa hanya 32 % siswa melakukan tugas gerak dengan semangat, 21% siswa aktif  merespon instruksi guru, 47% siswa berusaha menciptakan kondisi yang menyenangkan, 58% siswa giat menguasai materi dan  35 %siswa tanpa disuruh, aktifmenjalankan tugas gerak namun pada saat siswa telah menyelesaikan 2 siklus, terdapat hasil yang memuaskan yakni 85 % siswa melakukan tugas gerak dengan semangat, 82% siswa aktif  merespon instruksi guru, 82% siswa berusaha menciptakan kondisi yang menyenangkan, 88% siswa giat menguasai materi dan 82 % siswa tanpa disuruh, aktif menjalankan tugas gerak Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah dengan menerapkan metode Funny animals style pada senam si buyung dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas 1 SDN Pandaan 1 Kec.Pandaan Kab.Pasuruan.