SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODIFIKASI PERMAINAN TRADISIONAL BAGI GURU PENDIDIKAN JASMANI KELAS III SD NEGERI KUTOREJO KABUPATEN MOJOKERTO

Prima Suci Wardani

Abstrak


ABSTRAK

 

Wardani, Prima Suci. 2013. Pengembangan Modifikasi Permainan Tradisional Bagi Guru Pendididkan Jasmani Kelas III SD Negeri Kutorejo Kabupaten Mojokerto. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sulistyorini, M.Pd, (2) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes

 

Kata Kunci: Modifikasi Permainan, Karakteristik Anak Sekolah Dasar.

 

Permainan tradisional yang mengandung unsur kombinasi gerak dasar. Permainan ini mempraktikkan beberapa kombinasi gerak dasar misalnya berjalan, berlari, mengayun, membungkuk, menekuk, melempar, menangkap, dan menendang. Hasil analisis kebutuhan pada tanggal 22 September 2012 terungkap bahwa 1) Materi yang diberikan guru adalah senam dasar, athletik, dan permainan, 2) Guru memberikan materi permainan untuk meningkatkan anak dalam bergerak sesuai dengan tujuan pendidikan jasmani, 3) Guru menggunakan permainan tradisional dalam pembelajaran permainan yang ada di Indonesia, 4) Permainan tradisional yang diajarkan adalah bulan bintang, kucing dan tikus, gobak sodor, hitam hijau, 5) Belum ada panduan untuk permainan tradisional yang digunakan guru dalam mengajar berupa modul, 6) Perlunya sebuah panduan berupa modul untuk acuan bahan ajar siswa.

Tujuan penelitian dan pengembangan adalah memodifikasi permainan tradisional yang diharapkan guru pendidikan jasmani kelas III sekolah dasar dapat memberikan model-model permainan tradisional yang sudah dikembangkan kepada siswanya dalam materi mengombinasikan gerak dasar pada pembelajaran pendidikan jasmani.

Dari sepuluh langkah yang diutarakan Borg and Gall peneliti tidak menggunakan kesepuluh langkah tersebut tetapi hanya memakai tujuh langkah saja. Peneliti melakukan tujuh langkah karena disesuaikan dengan penelitian yang dilakukan hanya di satu sekolah saja dan keterbatasan waktu, biaya dan tenaga.

Hasil evaluasi modul yaitu sebagai berikut: Dari ahli media pembelajaran secara keseluruhan menjawab (sudah sesuai) dengan sistematika modul, dari ahli permainan tradisional secara keseluruhan menjawab (sudah sesuai) dengan standart kompetensi yang ada, dari uji coba kelompok kecil secara keseluruhan menjawab (sudah sesuai) dengan persentase 70,75% dengan saran dan masukan yang diberikan dan dari uji lapangan secara keseluruhan menjawab (sudah sesuai) dengan persentase 73,92% saran dan masukan yang diberikan.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa dengan permainan tradisional yang dikembangkan nantinya digunakan sebagai panduan guru untuk memberikan macam-macam permainan dalam materi kombinasi gerak dasar. Dari hasil revisi diperolah produk akhir “Modifikasi Permainan Tradisional Bagi Guru Pendidikan Jasmani Kelas III SD ” dengan spesifikasi produk meliputi modifikasi permainan tradisional, materi disesuaikan dengan karakteristik siswa kelas III SD, terdapat evaluasi pada setiap permainan, dan terdapat 10 macam modifikasi permainan tradisional.