SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Gerak Dasar Lempar Melalui Pendekatan Bermain Lempar Bola Kecil Pada Siswa Kelas V SDN 5 Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo

Restu Febriyanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Pembelajaran gerak dasar lempar merupakan bagian dari materi yang diajarkan terhadap siswa sekolah dasar kelas V. Berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar kelas V semester II yaitu “mempraktikkan berbagai variasi gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya” dan “Mempraktikkan variasi teknik dasar ke dalam modifikasi permainan bola kecil, serta nilai kerjasama, sportivitas, dan kejujuran”. Pada observasi awal yang dilakukan oleh peneliti diperoleh hasil bahwa efektivitas pembelajaran gerak dasar lempar masih kurang. Hal tersebut disebabkan oleh metode mengajar guru masih bersifat monoton dan kurang bervariatif. Terlihat dari keterampilan siswa dalam melakukan gerakan lempar masih kurang benar dan banyak siswa yang kurang  aktif dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu perlu adanya metode baru untuk memberikan perubahan hasil belajar siswa yaitu dengan pendekatan bermain lempar bola kecil.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran gerak dasar lempar pada siswa kelas V SDN 5 Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo melalui pendekatan bermain lempar bola kecil.

Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN 5 Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo dengan subjek penelitian 25 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Tahapan penelitian setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan catatan lapangan.

  Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran gerak dasar lempar melalui pendekatan bermain lempar bola kecil di kelas V SDN 5 Besuki mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan. Hasil belajar siswa pada siklus 1 yaitu pada pertemuan ke- 1 rata-rata hasil keterampilan dan keaktifan siswa adalah 43,56% dan 41,77%. Pada pertemuan ke- 2 rata-rata hasil keterampilan dan keaktifan siswa adalah 53,77% dan 47,55%. Pada pertemuan ke-3 rata-rata hasil keterampilan dan keaktifan siswa adalah 62,67% dan 62,22%. Hasil belajar siswa pada siklus 2 yaitu pada pertemuan ke- 1 rata-rata hasil keterampilan dan keaktifan siswa adalah 75,11% dan 70,67%. Pada pertemuan ke- 2 rata-rata hasil keterampilan dan keaktifan siswa adalah 82,67% dan 81,77%. Pada pertemuan ke- 3 rata-rata hasil keterampilan dan keaktifan siswa adalah 89,78% dan 89,77%.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan pendekatan bermain lempar bola kecil dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran gerak dasar lempar pada siswa kelas V SDN 5 Besuki Kabupaten Situbondo.

Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran Gerak Dasar Lempar, Bermain