SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Relevansi Pelatih dan Materi Latihan Sekolah Sepakbola Se Kota Malang

hosbi anggoro

Abstrak


ABSTRAK

 

Anggoro, Hosbi. 2013. Relevansi Pelatih dan Materi Latihan Sekolah Sepakbola    Se Kota Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan,Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(1) Drs. Mahmud Yunus, M. Kes, (2) I Nengah Sudjana, S.Pd., M.Pd.

 

Katakunci: relevansi, pelatih, materi latihan, sekolah sepakbola.

 

            Berlatih sepakbolamerupakan bagian  intergral dari sistem berlatih secara keseluruhan bertujuan untuk mengembangkan aspek psikomotor dan afektif.     Dalam mencapai prestasi optimal, akan tercapai bila seluruh komponen pendukung tersedia dengan standar yang telah ditetapkan dan proses latihan yang dijalankan secara terprogram, berkesinambungan dan berkualitas.pencapaian tujuan latihan banyak tergantung pada proses latihan yang diberikan pelatih. Untuk mencapai harapan tersebut nampaknya perlu pembinaan secara back to basic.Peran pelatih sepakbola sangat penting dalam memberikan berbagai latihan dasar-dasar sepakbola. Relevansi pelatih dan materi latihan dalam menangani Sekolah Sepakbola harus relevan, karena di sekolah sepakbola ada berbagai kelompok usia dini, Program dan materi adalah aspekyang mencakupkesesuaianusiadan program latihan. Hal iniberguna agar program latihanbisaberjalansecaramaksimaldanefektif.  pelatih harus mengerti bagaimana cara melatih anak usia dini.Perbadaan melatih kelompok usia dini perlu diperhatikan, karena masing-masing kelompok tidak sama dalam menguasi gerakan. Kesesuaian pelatih dalam memberikan materi KU 6-10 Tahun (Fun Phase) dan  KU 11-12 Tahun(Fundation Phase) tidak sesuai, sehingga apa tujuan dari latihan yang dilakukan tidak maksimal.

Tujuan peneliti untuk mengetahui pelatih berlisensi D Nasional dan program yang relevan dalam melatih anak usia dini, sehingga dalam suatu pelatihan di sekolah sepakbola dapat diketahui tentang pelatih yang benar-benar mempunyai lisensi D Nasional dan materi yang relevan bagi masing-masing kelompok usia dini. Sekolah Sepakbola Se Kota Malang.

Penelitian yang digunakan melalui beberapa tahap, antara lain; (1) melakukan penelitian dan pengumpulan data informasi dari Pengcab PSSI Kota Malang, (2) Melakukan penelitian di Sekolah Sepakbola dengan memberikan instrumen analisis angket kepada pelatih Sekolah Sepakbola Se Kota Malang, (3) Menganailsis angket yang telah diisi oleh pelatih-pelatih sekolah sepakbola yang melatihusia dini, (4) Menafsirkan analisis data dengan persentase. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.

            Hasil analisis data relevansi pelatih lisensi D dan materi latihan sekolah sepakbola Se Kota Malang, yaitu; (1) Pelatih sepakbola lisensi D Nasional yang melatih anak usia dini sebesar 93,6%, (2) Pelatih lisensi D Nasional dengan materi latihan kelompok usia 6-10 Tahun Se Kota Malang sebesar 77,9%, (3) Pelatih lisensi D Nasional dengan materi latihan kelompok usai 11-12 Tahun sebesar 71,1%. Rata-rata dari hasil keseluruhan variabel relevansi pelatih lisensi D Nasional dengan materi latihan dalam menangani Sekolah Sepakbola Se Kota Malang dinyatakan relevan atau baik.