SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PASSING BAWAH BOLAVOLI DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN DAN BERLOMBA PADA SISWA KELAS VII C DI SMP NEGERI 10 MALANG

fachru rozi

Abstrak


ABSTRAK

 

Rozi, Fachru. 2013. Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Bolavoli Dengan Menggunakan Metode Bermain Dan Berlomba Pada Siswa Kelas VII C Di SMP Negeri 10 Malang, Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. M. E. Winarno, M.Pd, (II) Drs. Setyo Budiwanto, M.Kes.

 

Kata kunci: peningkatan keterampilan, passing bawah bolavoli, metode bermain dan berlomba.

Berdasarkan hasil observasi awal, diperoleh hasil bahwa penguasaan ketrampilan passing bawah bolavoli siswa kelas VII C di SMP Negeri 10 Malang dapat dikatakan kurang baik karena dari keempat teknik dasar yang diamati, seperti sikap badan, sikap kaki, posisi tangan, dan sikap perkenaan bola persentase kesalahan masih banyak terlihat pada sikap badan sebanyak 61,54%, sikap kaki sebanyak 53,85%, posisi tangan sebanyak 57,69%, dan sikap perkenaan bola sebanyak 65,38%. Oleh karena itu perlu adanya pembaharuan metode penyampaian materi agar dapat tercapai materi yang disampaikan.

Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk meningkatkan keterampilan passing bawah maka dengan penerapan metode bermain dan berlomba untuk menghindarkan siswa menjadi bosan dalam menerima pelajaran, agar pembelajaran dapat berhasil dengan baik. Metode bermain dan berlomba yang digunakan adalah (1) permainan memasukkan bolavoli ke dalam ring basket, 2) permainan memimpin bola, 3) permainan memantul bola passing, 4) perlombaan passing bawah berkelompok dari posisi start siap passing bawah, 5) berlomba passing bawah berpasangan, 6) berlomba passing bawah menggunakan tangan kanan dan kiri bergantian.

Hasil penelitian ini telah terbukti mampu meningkatkan keterampilan siswa dari siklus ke siklus. Pada siklus I dari sikap badan yang benar sudah dilakukan dengan persentase keberhasilan sebanyak 69,23%, dari sikap kaki 76,92%, dari posisi tangan 79,48%, dari sikap perkenaan 74,35%, untuk hasil post-test siklus II juga menunjukkan peningkatan ketrampilan passing bawah bolavoli dengan masing-masing persentase keberhasilan dari sikap badan yang benar sudah dilakukan dengan persentase keberhasilan sebanyak 87,17%, dari sikap kaki 89,74%, dari posisi tangan 93,30%, dari sikap perkenaan bola  92,30%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, bahwa penggunaan metode bermain dan berlomba dapat meningkatkan psikomotor (keterampilan) passing bawah bolavoli siswa kelas VII C di SMP Negeri 10  Malang. Berdasarkan  hasil penelitian ini, peneliti menyarankan bagi guru Pendidikan Jasmani agar dapat menggunakan metode bermain  dan berlomba untuk meningkatkan psikomotor (keterampilan) passing bawah bolavoli. Bagi peneliti yang akan melakukan penelitian yang sama, diharapkan dapat mengembangkan lagi permainan-permainan olahraga untuk diterapkan pada pembelajaran pendidikan jasmani.