SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN PASING PANTUL (BOUNCE PASS) DALAM PEMBELAJARAN BOLA BASKET DENGAN METODE PART AND WHOLE MENGGUNAKAN VARIASI PERMAINAN PADA SISWA VII B SEMESTER II SMP NEGERI 4 MALANG

PRINS DICKSON

Abstrak


ABSTRAK

 

Dickson, Prins. 2013. Meningkatkan Keterampilan Pasing Pantul (Bounce Pass) Dalam Pembelajaran Bola Basket Dengan Metode Part And Whole Menggunakan Variasi Permainan Pada Siswa VII B Semester II SMP Negeri 4 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Lokananta T.H.W, M.Kes, (II) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd., M.Kes.

 

Kata Kunci: Peningkatan, Keterampilan, Pasing Pantul Bola basket, Metode Part And Whole, Variasi Permainan

 

Bola basket merupakan salah satu nomor olahraga beregu yang terdapat pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, yang tersirat pada standar kompetensi dan kompetensi dasar kelas VII semester 2 yaitu mempraktikkan teknik dasar salah satu nomor olahraga bola besar beregu lanjutan serta nilai kerjasama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian.. Pada saat observasi awal di SMP Negeri 4 Malang, guru menjelaskan materi pasing pantul secara global dan tidak ada variasi gerakan lain selain melempar dan menangkap, sehingga siswa tidak memahami setiap indikator gerak dan siswa menjadi malas karena tidak ada variasi gerakan lain. Maka dari itu, perlu adanya metode baru untuk menyampaikan materi pembelajaran agar materi yang disampaikan dapat tercapai dengan baik.

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan pasing pantul dalam pembelajaran bola basket dengan metode part and whole menggunakan variasi permainan pada siswa SMP Negeri 4 Malang kelas VII B.

Metode penelitian yang digunakan dalan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan Pelaksanaan tindakan dilakukan sebanyak 2 siklus yang masing-masing siklus 3 pertemuan. Di dalam tiap siklus terdapat 4 tahap yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) refleksi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan pasing pantul bola basket pada kelas VII B mengalami peningkatan setelah diberikan metode part and whole menggunakan variasi permainan, yaitu pada posisi tangan 60% berkurang menjadi 5%, pada posisi lengan 35% berkurang menjadi 7.5%, pada posisi badan 55% berkurang menjadi 5%, pada saat melempar bola 67,5% berkurang menjadi 10%, dan pada posisi kaki 62.5% berkurang menjadi 10%.

Berdasarkan hasil penalitian ini, dapat disimpulkan bahwa dengan metode part and whole menggunakan variasi permainan dapat meningkatkan keterampilan pasing pantul bola basket.