SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk Siswa Kelas XI Semester II di SMA Tamansiswa (Taman Madya) Malang.

wisnu prayoga

Abstrak


ABSTRAK

 

Prayoga, Wisnu. 2013. Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas XI Semester II di SMA Tamansiswa (Taman Madya) Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. M.E. Winarno, M.Pd, (II) Drs. Mulyani Surendra, M.S.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Buku Ajar Penjasorkes, Semester II

Pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di SMA Tamansiswa (Taman Madya) Malang masih belum berjalan maksimal. Hal tersebut terjadi karena kurangnya sumber belajar yang dimiliki baik yang dimiliki guru maupun siswa. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti, diketahui bahwa sumber belajar yang digunakan saat ini hanyalah Lembar Kerja Siswa (LKS), sehingga siswa terkadang belum paham tentang materi-materi yang diberikan oleh guru. Selanjutnya, peneliti melakukan analisis kebutuhan dalam bentuk angket kepada 20 siswa kelas XI yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 7 siswi perempuan yang diberikan pada tanggal 5 Februari 2013. Dari analisis kebutuhan diperoleh hasil 5% siswa merasa sangat puas dengan sumber belajar yang yang dimiliki saat ini, 5% merasa puas, 5% merasa cukup puas, dan 75% merasa belum puas dengan sumber belajar yang ada saat ini. 100% siswa menginginkan sumber belajar baru dalam bentuk buku ajar Penjasorkes. 70% siswa menyatakan sangat setuju jika mereka mendapatkan buku ajar Penjasorkes sebagai sumber belajar baru, dan 30% siswa menyatakan setuju.

Pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan kelas XI semester II, dengan harapan dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa, sehingga dapat memperkaya pengetahuan tentang materi pendidikan jasmani. Penelitian yang dilaksanakan di SMA Tamansiswa (Taman Madya) Malang ini, termasuk jenis penelitian dan pengembangan (research and development).

Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development Borg dan Gall. Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif berupa persentase, yang digunakan untuk menganalisis hasil pengumpulan data dari penelitian awal (analisis kebutuhan), evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil dan kelompok besar.

Berdasarkan uji coba tahap I (kelompok kecil) dengan jumlah 10 siswa perwakilan kelas XI, diperoleh persentase dengan rata-rata 84,58%. Dari uji coba tahap II (kelompok besar) dengan jumlah 30 siswa perwakilan kelas XI, diperoleh persentase dengan rata-rata 91,98%.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa, buku ajar Penjasorkes kelas XI semester II ini menarik, jelas, isinya mudah dipahami, serta memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan sebagai sumber belajar baru bagi guru dan siswa kelas XI SMA Tamansiswa (Taman Madya) Malang.