SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan model-model permainan passing bawah pada kegiatan ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 14 Malang

ANIS KURNIANINGSIH

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurnianingsih, Anis. 2013. Pengembangan Model-model Permainan Passing Bawah pada Kegiatan Ekstrakurikuler Bolavoli di SMP Negeri 14 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mulyani Surendra, M.S, (II) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes.

 

Kata kunci: Pengembangan, model-model permainan, passing bawah, siswa SMP Negeri 14 Malang.

Passing bawah merupakan teknik yang harus dikuasai dengan baik oleh setiap pemain, tanpa menguasai teknik passing bawah permainan bolavoli tidak akan berjalan dengan lancar, teknik lainnya tidak akan dapat digunakan dengan sempurna sehingga permainan menjadi kurang menarik. Jenis olahraga ini sangat menyenangkan bagi siswa SMP, maka dari itu melalui pola permainan yang dikemas dalam permainan-permainan diharapkan akan memberikan ketertarikan peserta dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolavoli. Di SMP Negeri 14 Malang permainan monoton dan tidak adanya tantangan. Oleh karena itu, model permainan passing bawah menggunakan peralatan yang mudah dan dapat digunakan sangat dibutuhkan oleh peserta. Hasil analisis kebutuhan awal dari pelatih dan peserta ekstrakurikuler SMP Negeri 14 Malang adalah mereka membutuhkan model-model permainan passing bawah pada kegiatan ekstrakurikuler bolavoli yang bervariasi, Sehingga peneliti melakukan penelitian dan pengembangan model-model permainan passing bawah pada kegiatan ekstrakurikuler bolavoli.

Tujuan penelitian adalah mengembangkan model-model permainan passing bawah pada kegiatan ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 14 Malang. Prosedur pengembangan mengacu pada model pengembangan Borg dan Gall dengan memodifikasi dari 10 langkah menjadi 8 langkah, yaitu observasi dan pengumpulan data, mengembangkan produk, evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil, revisi produk, uji coba kelompok besar, revisi produk akhir dan menghasilkan produk akhir.

Hasil evaluasi ahli kepelatihan diperoleh persentase 74%, ahli permainan 78,57%,uji coba tahap I (7 peserta) diperoleh persentase 79,46%, dan pada uji tahap II (18 peserta) diperoleh persentase 82,36% sehingga pengembangan model-model permainan passing bawah pada kegiatan ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 14 Malang dapat digunakan.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka model-model permainan passing bawah untuk kegiatan ekstrakurikuler bolavoli ini diharapkan dapat digunakan dan membantu pelatih dalam melatih ekstrakurikuler bolavoli agar latihan tidak monoton dan peserta lebih antusias serta semangat dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolavoli khususnya cabang olahraga bolavoli pada teknik passing bawah dan model-model permainan passing bawah ini untuk selanjutnya diharapkan bisa untuk dikembangkan dalam bentuk buku saku atau VCD agar lebih menarik minat peserta.