SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku panduan Permainan Motorik Kasar bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Pos PAUD “ANGGREK” RW 04 Kelurahan Tunjung Sekar Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.

fauzi rezky prayogo

Abstrak


ABSTRAK

 

Prayogo, Fauzi Rezky Amin. 2012. Pengembangan Buku panduan Permainan Motorik Kasar bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Pos PAUD “ANGGREK” RW 04 Kelurahan Tunjung Sekar Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sulistyorini, M.Pd, (2) Drs. H. Mahmud Yunus, M.Kes.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Buku panduan, Permainan Motorik Kasar.

Buku panduan permainan motorik kasar  merupakan salah satu sumber belajar yang dapat digunakan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk membantu proses pembelajaran. Buku panduan ini dikembangkan sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Akan tetapi, tidak adanya panduan khusus dalam melakukan permainan bagi anak-anak di PAUD tersebut yang berupa buku  panduan permainan gerak motorik kasar, sehingga anak-anak hanya dibiarkan bermain sesuka hati, akibatnya terkadang anak-anak melakukan permainan yang sebenarnya tidak sesuai untuk dilakukan bagi anak seusianya, seperti saling mendorong, bermain gendong-gendongan dan lain sebagainya, walaupun dalam aktivitas tersebut pengawasan dari guru tetap dilakukan. Apabila hal itu tetap dibiarkan maka di khawatirkan akan menyebabkan terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan, misalnya terjadi cidera dan bahkan dapat menyebabkan terjadinya cacat fisik.  

Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan pada guru PAUD di Pos PAUD “ANGGREK” RW 04 Kelurahan Tunjung Sekar Kecamatan Lowokwaru Kota Malang dapat disimpulkan bahwa untuk pembelajaran motorik kasar perlu adanya buku panduan khusus untuk menunjang proses pembelajaran.

Tujuan pengembangan Buku panduan permainan motorik kasar ini diharapkan dapat membantu guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam memahami konsep gerak anak usia dini pada materi pembelajaran motorik kasar. Spesifikasi produk yang diharapkan adalah meteri yang disajikan dalam buku panduan ini sesuai dengan materi pembelajaran di Pos PAUD Anggrek RW 04 Kelurahan Tunjung Sekar Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian pengembangan dari Borg and Gall (1983:775), peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 8 langkah. Adapun 8 langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan buku panduan permainan motorik kasar sebagai berikut: (a) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan data informasi termasuk observasi lapangan, kajian pustaka dan analisis kebutuhan: (b) mengembangkan bentuk produk awal ( berupa rencana produk buku panduan permainan gerak motorik kasar bagi guru Pendidikan Anak Usia Dini ), (c) evaluasi para ahli dengan menggunakan 1 ahli PAUD, 1 ahli motorik, 1 ahli media (d) revisi produk awal (revisi berdasarkan dari hasil evaluasi para ahli), revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti (e) uji coba (kelompok kecil) menggunakan 6 orang pendidik di pos PAUD Anggrek (f) revisi produk (berdasarkan hasil evaluasi para ahli dan uji coba kelompok kecil), revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti (g) uji lapangan (kelompok besar), dengan mengujicobakan hasil revisi produk pertama menggunakan seluruh guru PAUD yang berjumlah 20 orang, pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner kemudian dianalisis (h) hasil akhir produk Pengembangan Buku Panduan Permainan Gerak Motorik Kasar Bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Pos PAUD Anggrek RW 04 Kelurahan Tunjung Sekar Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan deskriptif berupa persentase.

Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk ahli dan guru PAUD. Dengan kualifikasi 1 orang ahli PAUD, 1 orang ahli motorik, dan 1 orang ahli media, sedangkan untuk dilakukan uji coba kelompok kecil sebanyak 6 orang guru PAUD dan untuk uji coba kelompok besar sebanyak 20 guru PAUD.

Hasil penilaian atau evaluasi dari ahli PAUD, ahli motorik, ahli media pada buku panduan permainan motorik kasar secara kesuluruhan menjawab produk sudah bagus dan layak untuk diproduksi. Dari hasil uji coba kelompok kecil secara keseluruhan menjawab produk dapat digunakan, dan hasil dari uji coba kelompok besar secara keseluruhan menjawab produk dapat digunakan.

Berdasarkan hasil pengembangan dapat disimpulkan bahwa: (1) Pengembangan buku panduan Permainan Gerak Motorik Kasar Bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Pos PAUD Anggrek RW 04 Kelurahan Tunjung Sekar Kecamatan Lowokwaru Kota Malang sangat dibutuhkan oleh guru PAUD; (2) secara keseluruhan  produk ini efektif dilaksanakan oleh guru PAUD dalam membelajarkan permainan motorik kasar; (3) Berdasarkan hasil dari ahli PAUD, ahli motorik, ahli media dan hasil analisis data uji coba kelompok kecil terhadap 6 guru PAUD dan uji kelompok besar terhadap 20 guru PAUD buku panduan permaianan motorik kasar dinyatakan dapat dilakukan dan digunakan di Pos PAUD Anggrek RW 04 Kelurahan Tunjung Sekar Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Produk yang dihasilkan berupa buku panduan permainan motorik kasar bagi guru PAUD