SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengembangan pembelajaran perwasitan pencak silat kategori tanding menggunakan multimedia interaktif

yunita ratnasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Ratnasari, Yunita. 2013. Pengembangan Pembelajaran Perwasitan Pencak Silat Kategori Tanding Menggunakan Multimedia Interaktif.Skripsi, Jurusan PendidikanJasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Wasis D. Dwiyogo, M.Pd, (2) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd.

 

Kata Kunci:Pengembangan, Pembelajaran, PerwasitanPencak Silat Kategori Tanding, Multimedia Interaktif

Berdasarkan observasi awal dan wawancara yang dilakukan peneliti terhadap ketua dewan wasit juri IPSI se-Malang Raya diperoleh data bahwa peserta penataran wasit juri belum sepenuhnya memahami materi perwasitan kategori tanding yang diberikan. 100% menyatakan belum pernah menggunakan multimedia interaktif perwasitan pencak silat, ketua dewan wasit juri se-Malang Raya setuju dengan dibuatnya multimedia interaktif pembelajaran  perwasitan pencak silat. Sedangkan anaisis kebutuhan menggunakan kuesioner terhadap 6 wasit juri random se-Malang Raya menyatakan bahwa 83,33% wasit juri kesulitan memahami materi yang diberikan dengan media yang digunakan penatar, 100% menyatakan bahwa penatar tidak pernah menggunakan multimedia interaktif dalam memberikan materi, dan keenam wasit juri menyatakan setuju untuk dibuatnya multimedia interaktif pembelajaran perwasitan pencak silat kategori tanding.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sumber belajar bagi wasit juri khususnya dan masyarakat luas pada umumnya dengan materi perwasitan pencak silat kategori tanding mengguanakan multimedia interaktif.

Terdapat 8 spesifikasi dalam pengembangan pembelajaran perwasitan Pencak Silat kategori tanding ini, antara lain: (1) produk ini dibuat menggunakan Auto Play Media Studio 8Personal Edition, (2) terdapat panduan penggunaan produk, (3) referensi penyusunan produk, (4) mengacu pada MUNAS IPSI XIII tahun 2012, (5)terdapat materi-materi perwasitan, (6) berisikan beberapa materi perwasitan pencak silat kategori tanding, (7) evaluasi sebagai feedback, dan (8) produk dikemas dalam bentuk CD (Compact Disk).

Metode yang digunakan penelitian ini adalah pengembangan Borg dan Gall yang diadaptasi menjadi lebih sederhana yaitu: (1)pengumpulan informasi,  (2) rancangan produk awal, (3) evaluasi ahli,(4) revisi I, (5) uji coba tahap I, (6) revisi II dan uji coba tahap II, (7) revisi dan produk akhir. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner.

Berdasarkantinjauan 1 (satu) ahli media diperoleh persentase 90% , sedangakan 3 (tiga) ahli perwasitan pencak silat diperoleh persentase 94%. Dari hasil  uji coba tahap I (kelompok kecil) dengan jumlah 9 wasit juri random se-Malang Raya diperoleh persentase dengan rata-rata 89,4%. Dari uji coba tahap II (kelompok besar) dengan jumlah 30 wasit juri random se-Malang Raya diperoleh persentase dengan rata-rata 88,04%.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa,produkpembelajaran perwasitan pencak silat kategori tandingmenggunakan multimedia interaktif ini layak digunakan sebagai sumber belajar wasit juri dan masyarakat luas yang awam terhadap perwasitan Pencak Silat kategori tanding.