SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Profil Atlet Pencak Silat Kurniati Rahayuni Ditinjau Dari Aspek Motivasi Berprestasi dan Proses Menyelesaikan Pendidikan.

duta mulya omanda

Abstrak


ABSTRAK

 

Omanda, Duta Mulya. 2013. Profil Atlet Pencak Silat Kurniati Rahayuni Ditinjau Dari  Aspek Motivasi  Berprestasi  dan  Proses Menyelesaikan  Pendidikan.Skripsi,  Jurusan  Pendidikan  Jasmani  dan  Kesehatan,  Fakultas  IlmuKeolahragaan,  Universitas  Negeri  Malang.  Pembimbing  (1)  Dr.  EkoHariyanto, M.Pd., (2) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

 

Kata kunci: Motivasi, Pendidikan

Pada umumnya, atlet pencak silat selalu diberi pilihan untuk memilihantara tetap melanjutkan pendidikan atau meneruskan karir sebagai atlet.Masalah pengembangan karier sebagai atlet tersebut seringkali tidak bisaberkembang secara maksimal karena terhalang oleh perizinan di Sekolah atau diPerguruan Tinggi sehingga membuat sebagian atlet yang berprestasi di olahragatetapi di pendidikan ketinggalan pelajaran. Kalau pun ada atlet yang meneruskan  pendidikannya salah satunya adalah Kurniati Rahayuni. Dia adalah atlet pencaksilat tunggal putri yang berhasil di bidang pendidikan dan olahraga.

Tujuan memilih Profil Atlet Pencak Silat Kurniati Rahyuni Ditinjau  DariAspek Motivasi Berprestasi dan Proses Menyelesaikan Pendidikan adalah untukmengetahui motivasi berprestasi dari Kurniati Rahayuni dan proses Kurniatirahayuni dalam menyelesaikan pendidikan hingga ke jenjang Pascasarjana.Metode penelitian adalah kualitatif, kualitatif adalah metode penelitianyang berlandaskan pada filsafat Subyek penelitian adalah Kurniati Rahyuni,sumber data penelitian adalah hasil wawancara, dengan subyek dan denganorang terdekat subyek peneliti. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2012.

Hasil penelitian ini menunjukkanKurniati Rahayuni lahir di kota Bandungsejak kecil Kurniati Rahayuni sudah menyukai pencak silat ketika berpindah kekota Malang, Kurniati Rahayuni mulai mengikuti kejuaraan daerah, dan bahkansampai ke tingkat internasional pernah dicapainya. Di dalam hal pendidikanKurniati Rahayuni termasuk anak yang aktif, dia selalu menyelesaikan tugas yangdiberikan bahkan dosen memberikan kepercayaan penuh kepada dia, ketika diaizin dalam waktu yang lama Kurniati Rahayuni tetap mengerjakan tugas-tugasnya, sehingga dia dapat menuntaskan perkuliahan sampai ke pascasarjana. Kesimpulan dari hasil penelitian di atas bahwa motivasi Kurniati Rahayuni yaitu: 1).Motivasi berprestasi yaitu dengan pencapaian prestasi hingga ke evenyang bergengsi yaitu internasional , Kurniati Rahayuni selalu menyibukkan diriuntuk berlatih meskipun tidak ada jadwal latihan. 2).Motivasi dalammenyelesaikan pendidikan , Kurniati Rahayuni selalu dapat menyelesaikan tugas-tugas pendidikan meskipun sedang ada pertandingan di luar daerah atau di luarnegeri.Saran bagi pembaca diharapkan dapat menjadikan motivasi berprestasi danmenyelesaikan pendidikan untuk kemajuan atlet-atlet yang pada saat ini berada dipuncak prestasi agar tidak meninggalkan pendidikan karena suatu saat pendidikansangat berguna demi perkembangan atlet pencak silat dan atlet lainnya diIndonesia.