SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Sikap Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Gerak Dasar Lempar Tangkap Melalui Metode Permainan Tradisional Bola Tepuk Dan Gaprek Kemprung Pada Siswa Kelas III SDN Kalisongo 02 Dau Kabupaten Malang

Muchammad agus rachman

Abstrak


ABSTRAK

 

Muchammad Agus Rachman. 2013. Meningkatkan Sikap Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Gerak Dasar Lempar Tangkap Melalui Metode Permainan Tradisional Bola Tepuk Dan Gaprek Kemprung Pada Siswa Kelas III SDN Kalisongo 02 Dau Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mardianto, M. Kes, (II) Drs. Oni Bagus Januarto, M. Kes

 

Kata Kunci: Sikap, pembelajaran, lempar tangkap, permainan tradisional bola tepuk dan gaprek kemprung

Lempar tangkap merupakan salah satu gerak dasar yang diajarkan di SDN Kalisongo 02 khususnya pada siswa kelas III diharapkan dalam pembelajaran ini siswa bisa ikut berperan aktif dalam pembelajaran tetapi dalam kenyataan yang ada di lapangan ditemui fakta bahwa 11 siswa tidak senang dan sering mengeluh, 11 siswa tidak serius dan tidak sungguh-sungguh serta 12 siswa tidak berusaha keras dan tidak melakukan sampai bisa dalam pelaksanaan pembelajaran lempar tangkap. Hal ini terjadi karena kurangnya metode pembelajaran untuk lempar tangkap dan siswa hanya suka bermain sepak bola dan tidak suka bermain lempar tangkap.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan  pembelajaran lempar tangkap setelah mengunakan metode permainan tradisional bola tepuk dan gaprek kemprung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas, lembar observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan.

Melalui PTK ini dilaksanakan pembelajaran lempar tangkap mengunakan metode permainan tradisional bola tepuk dan gaprek kemprung. Melalui permainan bola tepuk dan gaprek kemprung  ini, siswa melakukan lempar tangkap dalam bentuk permaianan dan berkompetisi dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini penting mengingat tidak semua siswa menyenangi olahraga lempar tangkap.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan  pembelajaran mengunakan metode permainan tradisional bola tepuk dan gaprek kemprung pada siswa kelas III SDN Kalisongo 02  mengalami peningkatan. Hasil tindakan siklus 1 dari senang dalam pembelajaran sebesar 76,8%, 2) Semangat dalam pembelajaran sebesar 67,9%, 3) Tekun dalam pembelajaran sebesar 73%. Hasil tindakan siklus 2 dari senang dalam pembelajaran sebesar 96,9%, 2) Semangat dalam pembelajaran sebesar 96,9%, 3) Tekun dalam pembelajaran sebesar 96,9%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran lempar tangkap melalui metode permainan tradisional bola tepuk dan gaprek kemprung dapat meningkatkan keaktifan  pembelajaran siswa kelas III SDN Kalisongo 02 Dau Kabupaten Malang.