SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kelas VIII-H SMP Negeri 1 Kunjang dengan Menggunakan Metode Bermain Melempar

Rangga Kusuma Arief

Abstrak


ABSTRAK

 

Kusuma Arief, Rangga. 2013. Meningkatkan Keterampilan Lempar Cakram Gaya Menyamping pada Siswa Kelas VIII-H SMP Negeri 1 Kunjang dengan Menggunakan Metode Bermain Melempar.  Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Supriatna, M.Pd.  (II) Drs. Mardianto, M.Kes.

 

Kata Kunci:  Meningkatkan, Keterampilan Lempar Cakram Gaya Menyamping, Metode Bermain Melempar

Lempar cakram merupakan salah satu bagian dari cabang olahraga atletik nomor lempar. Olahraga lempar cakram adalah olahraga yang menggunakan suatu alat yang disebut cakram. Cakram itu sendiri adalah sebuah benda kayu berbentuk piring berbingkai sabuk kayu. Berdasarkan dari hasil observasi awal, diperoleh hasil bahwa keterampilan siswa dalam pembelajaran lempar cakram gaya menyamping masih kurang. Banyak siswa yang belum menguasai tahapan teknik awalan, memegang cakram, melempar, dan gerak lanjutan.

Dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan lempar cakram gaya menyamping pada siswa kelas VIII-H SMP Negeri 1 Kunjang dengan metode bermain melempar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, dokumentasi dan catatan lapangan.

Penelitian ini termasuk ke dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini digunakan metode bermain melempar untuk pembelajaran lempar cakram gaya menyamping. Siswa melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode bermain untuk meningkatkan antusiasme siswa dalam pembelajaran sehingga proses pembelajaran lempar cakram gaya menyamping menjadi lebih optimal. Dalam penelitian ini, peneliti berkolaborasi dengan guru pendidikan jasmani SMP Negeri 1 Kunjang untuk merencanakan kegiatan belajar mengajar yang berlangsung selama 2 siklus.

Melalui bentuk pembelajaran lempar cakram gaya menyamping dengan metode bermain melempar dapat meningkatkan keterampilan siswa. Hal ini bisa dilihat dari persentase kesalahan dalam teknik lempar cakram gaya menyamping pada siklus I dan siklus II hasilnya sebagai berikut, pada siklus I pertemuan ke-1, ke-2, dan ke-3 secara berurutan adalah pada tahap awalan sebesar 41,38%, 34,48%, 30%. Tahap memegang cakram sebesar 17,93%, 10,34%, 6,67%. Tahap melempar sebesar 58,62%, 51,72%, 43,33% sedangkan tahap gerak lanjutan sebesar 37,93%, 34,48%, 26,67%. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan berkurangnya persentase kesalahan yaitu pertemuan ke-1, ke-2, dan ke-3 secara berurutan adalah pada tahap awalan sebesar 24,17%, 17,24%, 10%. Tahap memegang cakram sebesar 0%, 0%, 0%. Tahap melempar sebesar 32,78%, 27,01%, 13,33% sedangkan tahap gerak lanjutan sebesar 20,83%, 13,79%, 9,17%.

Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode bermain melempar dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam pembelajaran lempar cakram gaya menyamping di kelas VIII-H SMP Negeri 1 Kunjang.