SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Latihan Permainan Tradisional terhadap Kelincahan Anak usia 10-12 Tahun di SSB PALUPI Mojokerto

yogi Prawono

Abstrak


ABSTRAK

 

Prawono, Yogi. 2013. Pengaruh Latihan Permainan Tradisional terhadap Kelincahan Anak usia 10-12 Tahun di SSB PALUPI Mojokerto. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mu’arifin, M.Pd. (II) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd.

Kata Kunci: eksperimen, latihan permainan tradisional, kemampuan kelincahan.

Sepakbola adalah permainan tim yang terdiri dari sebelas pemain termasuk seorang penjaga gawang, yang dalam permainannya menggabungkan unsur dari kemampuan teknik individu untuk menghasilkan gol sebanyak-banyaknya. Berdasarkan hasil observasi selama pertandingan, kekalahan SSB PALUPI disebabkan rendahnya kemampuan kelincahan pada siswa dan tidak adanya program latihan kelincahan di klub SSB PALUPI MOJOKERTO.

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh latihan permainan tradisional terhadap kelincahan anak usia 10-12 tahun di SSB PALUPI Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto. 

Prosedur penelitian ini menggunakan rancangan penelitian “One-Group Pretest-Posttest Design”. Jenis penelitian ini adalah rancangan penelitian pra-eksperimental. Rancangan pra-eksperimental ini digunakan untuk mengungkapkan hubungan sebab akibat hanya dengan melibatkan satu kelompok subyek sehingga tidak ada kontrol yang ketat terhadap variabel eksternal. Penelitian ini melaluhi beberapa tahap, antara lain: 1) tahap awal, 2)tahap pelaksanaan, 3) tahap pengolahan data. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes agilty arrowhead. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SSB PALUPI MOJOKERTO usia 10-12 tahun yang berjumlah 20 siswa.

Setelah dilakukan analisis data, diperoleh data tes awal kelincahan dengan rata-rata hasil tes sebesar 22,15, standar deviasi sebesar 0,77, dan rentangan skor sebesar 3,04. Data tes akhir kelincahan setelah diberikan perlakuan selama 16 pertemuan rata-rata hasil tes sebesar 20,80, standar deviasi 0,74 dan rentang skor sebesar 2,23. Untuk hasil uji normalitas (kolmogorov-smirnov) diperoleh Fstoke sebesar 0,8941 lebih besar dari nilai signifikan α=0,05 maka dari itu data yang diperoleh mempunyai makna berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan nilai signifikan 1,000 lebih besar dari nilai signifikansi α=0,05 sehingga data tidak berbeda (homogen)

Dari hasil uji-t sebesar t 13,33 dengan derajat kebebasan N-1=19. Sedangkan untuk nilai sig(2-tailed) p=0,000 dengan taraf < 0,05 yang berarti hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan latihan permainan tradisional terhadap kelincahan anak usia 10-12 tahun di SSB PALUPI MOJOKERTO Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto.

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa latihan permainan tradisional memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap kelincahan anak usia 10-12 tahun di SSB PALUPI MOJOKERTO Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto.