SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN TOLAK PELURU DENGAN METODE BERMAIN PADA SISWA KELAS V DI SDN WARUNGDOWO I KECAMATAN POHJENTREK KABUPATEN PASURUAN

Oktarina Martinintyas

Abstrak


ABSTRAK

 

Martiningtyas, Oktarina. 2013. Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran TolakPeluru Dengan Metode Bermain Pada Siswa Kelas V di SDNWarungdowo I Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan. Skripsi,Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan,Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Oni Bagus Januarto,M.Kes, (II) Dr. Mu’arifin, M.Pd.

 

Kata Kunci: Meningkatkan Efektivitas (Media BolaTenis), PembelajaranTolak Peluru

Tolak peluru merupakan salah satu cabang atletik di nomor lempar.Melalui pembelajaran tolak peluru dengan metode bermain, diharapkan siswalebih aktif dan senang saat pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil observasiawal, masih banyak siswa yang kurang senang dan bosan saat prosespembelajaran berlangsung. Hal ini dikarenakan guru pendidikan jasmani kurangkreatif dalam pembelajaran, sedangkan siswa menginginkan model pembelajaranyang lebih bervariasi. Oleh karena itu, peneliti menggunakan metode bermainuntuk meningkatkan efektifitas pembelajaran tolak peluru di SDN Warungdowo.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan efektifitaspembelajaran tolak peluru dengan menggunakan metode bermain. Dengan metodebermain, diharapkan siswa bisa lebih aktif dan senang saat proses pembelajarantolak peluru berlangsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalahRPP, lembar observasi, dokumentasi dan catatan lapangan.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas(PTK). Melalui PTK ini akan dilaksanakan pembelajaran tolak peluru denganmetode bermain, dikarenakan banyak siswa yang kurang senang, kurangmemperhatikan dan bermalas-malasan pada saat proses pembelajaranberlangsung. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru penjaskes diSDN Warungdowo I dalam merencanakan tindakan pembelajaran yangberlangsung selama 2 siklus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektifitas pembelajaran tolak pelurudengan metode bermain pada siswa kelas V di SDN Warungdowo I KecamatanPohjentrek Kabupaten Pasuruan mengalami peningkatan. Hasil penelitian daritindakan yang diberikan menunjukkan: (1) siklus 1, persentase ketuntasan 58,62%dan persentase ketidaktuntasan 41,38%, berarti masih ada 12 siswa yang belumtuntas, sehingga harus dilakukan tindakan berikutnya pada siklus 2. (2) siklus 2,persentase ketuntasan sudah mencapai 100% yang berarti semua siswa yangberjumlah 29 anak sudah dikatakan tuntas.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tolakpeluru dengan metode bermain dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran tolakpeluru pada siswa kelas V di SDN Warungdowo I Kecamatan PohjentrekKabupaten Pasuruan. Hal ini bisa dilihat dari aktivitas siswa dan guru selamaproses pembelajaran berlangsung, dari siklus 1 hingga siklus 2, serta penilaianyang dilakukan setelah diberikan tindakan.