SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Program Kerja POBSI (Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia) Kota Malang Tahun 2012

Mimin Widyasari

Abstrak


ABSTRAK

Widyasari, Mimin. 2013. Evaluasi program kerja POBSI (PersatuanOlahragaBiliarSeluruh Indonesia) Kota Malang tahun 2012. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Heru Widijoto, M.S (II) Dr. WasisDjokoDwiyogo, M.Pd.

Kata Kunci: evaluasi, program kerja, POBSI Kota Malang

Adanyakerjasamaantara KONI Kota Malang dengan FIK UM melaluikegiatanmembantusalahsatucabangolahragadalammelakukanevaluasikegiatan yang tercantumpada program kerjatahun 2012 danmenyusunlaporanakhirtahundenganmenggunakanstrategipendampinganmahasiswa FIK UM padacabangolahragabiliar POBSI Kota Malang PersatuanOlahragaBiliarSeluruh Indonesia. Evaluasi program merupakan penelitian evaluatif yang bertujuan untuk mengetahui akhir dari sebuah program kebijakan. Evaluasi program digunakan untuk mengetahui hasil akhir dari adanya kebijakan dalam rangka menentukan rekomendasi atas kebijakan suatu program. Jadi dengan dilakukan evaluasi terhadap keterlaksanaan program kerja pada cabang olahraga biliar tahun 2012, maka dapat diketahui hasil yang telah dicapai dari rencana yang telah terprogram apakah sudah memenuhi target sesuai tujuan yang telah direncanakan.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan program kerja POBSI Kota Malang tahun 2012dengan menggunakan evaluasi model CIPP yang mencakup bidang kesekretariatan,bidangbendahara, bidang organisasi, bidang pembinaan prestasi.

Penelitian ini menggunakan model CIPP (Context, Input, process, product). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket, wawancara, observasi, dan  dokumentasi. Kegiatan analisis data menggunakan rumus persentase yang diperoleh dari jawaban responden dibagi dengan jumlah jawaban responden kemudian dikalikan 100%.

Berdasarkan analisis data tersebut, maka diperoleh kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama,  pada variabel context atau konteks dalam pelaksanaan program kerja POBSI Kota Malang tahun 2012 terkait dengan kebutuhan dan tujuan dalam pelaksanaan program kerja POBSI Kota Malang tahun 2012 sangatefektif. Kedua,   pada variabel input atau masukan terkait dengan pengolahraga, tenaga keolahragaan, pengorangisasian, pendanaan, sarana dan prasarana, penghargaan keolahragaan dalam pelaksanaan program kerja POBSI Kota Malang tahun 2012 adalah efektif. Ketiga, pada variabel process atau proses terkait dengan pengolahraga, tenaga keolahragaan, pengorangisasian, pendanaan, sarana dan prasarana, penghargaan keolahragaan dalam pelaksanaan program kerja POBSI Kota Malang tahun 2012 dikategorikan efektif.Keempat pada variabel produkdalam pelaksanaan program kerja POBSI Kota Malang tahun 2012 dikategorikan belumefektif. Program kerja POBSI Kota Malang tahun 2012 belum terealisasi sepenuhnya, terdapat beberapa yang masih belum memenuhi target dan hasil yang ingin dicapai dari bidang kesekretariatan,bidangbendahara, bidang organisasi, bidang pembinaan prestasi dan bidang sarana dan prasarana yang berhubungan dalam pencapaian prestasi yang diraih oleh atlet biliar Kota Malang. Dalam pelaksanaan program kerja yang telah disusun diperlukan suatu pengoptimalisasian kinerja, kerjasama dan hubungan yang baik dari semua pengurus, atlet dan pelatih. Masih terdapat aspek program kerja pada bidang kesekretariatan,bidangbendahara, bidang organisasi, bidang pembinaan prestasi dan bidang sarana dan prasarana belum tercapai dan kurang sesuai dengan harapan dalam pencapaian prestasi, “maka perlu mempertahankanprogram kerja tahun 2012 yang telah disusunsesuaidengantujuan dan melanjutkan program kerja di tahun berikutnya”.