SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Panduan Latihan Pencak Silat Untuk Siswa Tingkat Sabuk Polos Persaudaraan Setia Hati Terate

Eko Kamarudin

Abstrak


ABSTRAK

 

Berdasarkan hasil observasi melalui pengamatan, wawancara dan pengisian angket pada latihan pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (UKM PSHT) komisariat Universitas Negeri Malang dengan materi siswa tingkat sabuk polos dibutuhkan penggunaan buku panduan latihan pencak silat  yang mampu memberi gambaran yang nyata dan menyeluruh, sehingga diharapkan dapat membantu pelatih dalam penyampaian materi untuk siswa tingkat sabuk polos khususnya komisariat Universitas Negeri Malang, agar dapat membantu siswa dalam memahami materi yang diajarkan. Selain itu muatan materi dapat dibuat menjadi lebih menarik dan mudah dipahami.

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan Buku Panduan Latihan Pencak Silat Untuk Siswa Tingkat Sabuk Polos Persaudaraan Setia Hati Terate. Dengan adanya media Buku Panduan Latihan Pencak Silat Untuk Siswa Tingkat Sabuk Polos ini, diharapkan siswa dapat aktif dalam proses latihan dan memperoleh pengetahuan yang lebih luas, sehingga dapat menerapkan materi tersebut. Penelitian yang dilaksanakan Unit Kegiatan Mahasiswa Persaudaraan Setia Hati Terate Komisariat Universitas Negeri Malang ini mengacu pada metode penelitian dan pengembangan (R&D) dari Borg and Gall (1983:775) dalam penelitian ini tidak digunakan secara keseluruhan dikarenakan oleh karakteristik yang akan diteliti dan keterbatasan waktu, tenaga serta biaya yang dimiliki oleh peneliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis deskriptif berupa persentase.

Hasil pengembangan media yang dihasilkan peneliti adalah buku panduan latihan pencak silat untuk siswa tingkat sabuk polos Persaudaraan Setia Hati Terate. Media ini bisa dimanfaatkan oleh pelatih sebagai alternatif dalam melaksanakan proses pemberian materi terhadap siswa tingkat sabuk polos baik secara teori maupun praktik dilapangan, selain itu bisa juga dimanfaatkan untuk membantu siswa belajar secara individu. Di dalam media ini terdapat lima bagian utama yaitu : Kata pengantar, daftar isi, pendahuluan yang berisi: (Latar belakang, tujuan, spesifikasi produk, identitas panduan, petunjuk penggunaan), materi inti, dan penutup.

Pada hasil evaluasi ahli media diperoleh total persentase 75% dan evaluasi ahli pencak silat diperoleh total persentase 76,19% sehingga produk masuk pada kategori menarik, sesuai dan mudah digunakan. Produk dikembangkan melalui saran dan evaluasi para ahli, yaitu ahli media, ahli pencak silat. Selanjutnya dilakukan uji coba (kelompok kecil) dan uji lapangan (kelompok besar). Analisis data hasil uji coba (kelompok kecil) dengan 6 orang subjek diperoleh total persentase  86,40% dengan kategori sangat menarik, sangat mudah dan sangat jelas, namun tetap dilakukan perbaikan pada bagian-bagian tertentu untuk semakin menyempurnakan produk. Hasil uji lapangan (kelompok besar) dengan 30 orang subjek diperoleh total persentase  sebesar 88,55% dengan kategori sangat menarik, sangat mudah dan sangat jelas, sehingga tidak dilakukan revisi dan ditetapkan sebagai produk akhir.

Produk akhir dalam Pengembangan Buku Panduan Latihan Pencak Silat Untuk Siswa Tingkat Sabuk Polos dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa tingkat sabuk polos Persaudaraan Setia Hati Terate. Adapun saran pengembangan produk lebih lanjut yaitu, sebaiknya dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui tingkat efektivitas produk yang dikembangkan ini, karena hasil pengembangan ini masih terbatas sampai tersusunnya sebuah produk saja.