SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Atletik lempar Cakram Gaya Menyamping Dengan Metode Bermain Di Kelas VIII C SMP Negeri 2 Grati Pasuruan

rifki andrianto

Abstrak


ABSTRAK

 

Andrianto, Rifki. 2013. Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Atletik lempar Cakram Gaya Menyamping Dengan Metode Bermain Di Kelas VIII C SMP Negeri 2 Grati Pasuruan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mu’arifin, M. Pd, (II) Dra. Sulistyorini, M. Pd

 

Kata Kunci: efektifitas, pembelajaran, lempar cakram gaya menyamping, metode bermain.

Salah satu upaya meningkatan hasil belajar siswa perlu kiranya seorang guru memberikan metode yang variatif, salah satunya menggunakan metode bermain, karena diharapkan dengan siswa menyukai materi tersebut membuat siswa mudah menerima informasi dan mengaplikasikanya dalam gerakan, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pembelajaran lempar cakram.Melalui pembelajaran lempar cakram dengan metode bermain secara tidak langsung merangsang siswa memperhatikan dan meningkatkan minat terhadap pembelajaran lempar cakram dengan tidak mengurangi materi yang disampaikan, siswa akan merasa suka terhadap materi pembelajaran lempar cakram.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan efektifitas pembelajaran lempar cakram gaya menyamping dengan menggunakan metode bermain. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar obvervasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan.

Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ni dilakukan dengan 2 siklus yaitu siklus 1 terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Grati dengan subyek penelitian 38 orang.

Hasil penelitian menunjukkan peningkatan. Dari data hasil penelitian tindakan kelas mengenai efektifitas  pembelajaran lempar cakram gaya menyamping pada siklus 1 menunjukan peningkatan sebagai berikut, dari komponen awalan 57.8% menjadi 84.2% , dari segi komponen lemparan terjadi peningkatan 21.0% menjadi 60.5% dan dari segi komponen sikap akhir terjadi peningkatan 52.6% menjadi 78.9%. Data dari siklus 2 peningkatannya sebagai berikut, dari komponen awalan 92.1 menjadi 99,99% , dari segi komponen lemparan terjadi peningkatan 76.3% menjadi 84.2% dan dari segi komponen sikap akhir terjadi peningkatan 86.8% menjadi 92.1%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran lempar cakram gaya menyamping menggunakan metode bermain dapat meningkatkan efektifitas siswa dalam pembelajaran pembelajaran lempar cakram gaya menyamping di SMP Negeri 2 Grati, Pasuruan.