SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Upaya Peningkatkan Kemampuan Berenang Gaya Bebas dengan Metode Permainan Pada Siswa Kelas IV SDNegeri1 Mangliawan Kabupaten Malang

januar setiawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Setiawan, Januar. 2013. Upaya Peningkatkan Kemampuan Berenang Gaya Bebas dengan Metode Permainan  Pada Siswa Kelas IV SDNegeri1 Mangliawan Kabupaten Malang. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan FIK Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. TatokSugiarto, S.Pd.,M.Pd, (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd

 

Kata Kunci: Renang, Permainan, Karakteristikanak SD, MetodePermainan.

Pendidikan jasmani merupakan salah satupelajaran yang diberikan pada pendidikan formal baik SD, SMP/MTs, SMA/MA. Berenang merupakan salah satu olahraga yang ada pada kurikulum sekarang yaitu kurikulum KTSP. Oleh karena itu, berenang diberikan pada sekolah-sekolah. Berdasarkan hasil observasi awal di SD Negeri 1 Mangliawan Kabupaten Malang pada pembelajaran pendidikan jasmani materi pokok berenang gaya bebas kelas IV, tampak bahwa siswa masih sulit memperoleh nilai ketuntasan minimal yang diberikanoleh guru jasmani. Dalam pembelajaran berenang gaya bebas juga terdapat kesulitan-kesulitan yang dirasakan oleh siswa yaitu saat melakukan gerakan kordinasi berenang gaya bebas.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar berenang gaya bebas yang efektif dengan menggunakan metode permainan pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Mangliawan Kabupaten Malang.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melalui 2 siklus dengan satu siklus 3 kali pertemuan.Subjek penelitian adalah guru pendidikan jasmani dan peneliti sendiri. Jumlah siswa yang ada dikelas tersebut sebanyak 37 siswa.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentase pertemuan pertama hingga pertemuan keenam untuk siswa yang dapat melakukan berenang gaya bebas dengan benar sebanyak 1 meningkat menjadi 5 siswa dengan persentase 2,75% menjadi 13,5%. Dan untuk siswa yang dapat melakukan berenang gaya bebas namun ada kesalahan pada kepala dengan jumlah siswa3 orang meningkat menjadi 9 siswa dengan persentase 8,1% menjadi 24,3%. Dan untuk siswa yang dapat melakukan namun ada kesalahan pada tangan dan kepala dengan jumlah awal 8 siswa meningkat menjadi 15 siswa dengan persentase sebesar 21,6% menjadi 40,5%. Serta untuk siswa yang belum dapat melakukan berenang gaya bebas sama sekali dengan jumlah siswa sebanyak 25 meningkat menjadi 8 siswa dengan persentase sebesar 67,5% menjadi 21,6%.

Kesimpulan yang diperoleh dari penggunaan model pembelajaran dengan menerapkan metode permainan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran berenang gaya bebas pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Mangliawan Kabupaten Malang.