SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

MENINGKATKAN KETERAMPILAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MENGGUNAKAN METODE BERMAIN SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 2 TIRIS KABUPATEN PROBOLINGGO

Hakim Firmansyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Firmansyah, Hakim. 2013. Meningkaktan Keterampilan Lompat Jauh Gaya Jongkok Menggunakan Metode Bermain kelas VIII B SMPN 2 Tiris Kabupaten Probolinggo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mardianto, M.Kes, (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd

 

 

Kata kunci: Meningkatkan, Keterampilan, Lompat Jauh Gaya Jongkok, Metode bermain.

 

            Pembelajaran lompat jauh gaya jongkok adalah salah satu cabang atletik yang tercantum dalam standar kompetensi dan kompetensi dasar sekolah menengah pertama kelas VIII. Salah satu kompetensi dasarnya yaitu setiap siswa dapat mempraktikkan teknik dasar salah satu olahraga atletik. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilaksanakan pada tanggal 7 Februari 2012 diperoleh tingkat kegagalan pada tiap indikator teknik dasar lompat jauh gaya jongkok dengan persentase teknik awalan: kecepatan berlari dalam mengambil awalan harus selalu sama tanpa mengurangi kecepatan 26,7%, teknik tumpuan: ayunkan paha kaki ke arah horizontal dan pertahankan 46,7%, luruskan sendi mata kaki, lutut, dan pinggang pada waktu akan melakukan tolakan 53,3%, teknik saat melayang: angkat badan melayang di udara 63,3%, ayunan kedua lengan ke depan ke atas 56,7%, seolah-olah jongkok di udara 60%, lutut ditekuk mendekati dada 66,7%, teknik mendarat: kepala ditundukkan 50%, lengan di ayunkan ke depan 46,7%, kaki tidak kaku dan tegang 46,7%.  

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan lompat jauh gaya jongkok siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Tiris menggunakan metode bermain.

            Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Tiris. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada setiap indikator teknik dasar lompat jauh gaya jongkok yaitu selama mengikuti pembelajaran dari tiap siklus. Pada siklus 1 teknik awalan: kecepatan berlari dalam mengambil awalan harus selalu sama tanpa mengurangi kecepatan yang melakukan dengan benar 86,7%, teknik tumpuan: ayunkan paha kaki ke arah horizontal dan pertahankan yang melakukan dengan benar 73,3%, luruskan sendi mata kaki, lutut, dan pinggang pada waktu akan melakukan tolakan yang melakukan dengan benar 66,7%, teknik saat melayang: angkat badan melayang di udara 63,3%, ayunan kedua lengan ke depan ke atas yang melakukan dengan benar 63,3%, seolah-olah jongkok di udara yang melakukan dengan benar 60%, lutut ditekuk mendekati dada yang melakukan dengan benar 60%, teknik mendarat: kepala ditundukkan yang melakukan dengan benar 70%, lengan di ayunkan ke depan yang melakukan dengan benar 76,7%, kaki tidak kaku dan tegang yang melakukan dengan benar 73,3%. Hasil dari siklus 2 menunjukkan peningkatan penguasaan pada tiap indikator teknik dasar lompat jauh gaya jongkok dengan masing-masing taraf keberhasilan dari teknik awalan: kecepatan berlari dalam mengambil awalan harus selalu sama tanpa mengurangi kecepatan 100% dengan taraf keberhasilan baik, tumpuan: ayunkan paha kaki ke arah horizontal dan pertahankan 93,3% dengan taraf keberhasilan baik, luruskan sendi mata kaki, lutut, dan pinggang pada waktu akan melakukan tolakan 90% dengan taraf keberhasilan, saat melayang: angkat badan melayang di udara 80% dengan taraf keberhasilan baik, ayunan kedua lengan ke depan ke atas 80% dengan taraf keberhasilan baik, seolah-olah jongkok di udara 76,7% dengan taraf keberhasilan baik, lutut ditekuk mendekati dada 83,3% dengan taraf keberhasilan baik, mendarat: kepala ditundukkan 86,7% dengan taraf keberhasilan baik, lengan di ayunkan ke depan 90% dengan taraf keberhasilan baik, kaki tidak kaku dan tegang 90% dengan taraf keberhasilan baik.

Dari hasil penelitian yang dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bermain dapat meningkatkan keterampilan lompat jauh gaya jongkok siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Tiris Kabupaten Probolinggo.