SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Play and Game dalam Pembelajaran Kebugaran Jasmani bagi Siswa Kelas V SDN Beji II Pilangsari Kabupaten Pasuruan

Fariz Aulia Dwi Reza

Abstrak


ABSTRAK

Fariz Aulia Dwi Reza. 2013. Pengembangan Model Play and Game dalam Pembelajaran Kebugaran Jasmani bagi Siswa Kelas V SDN Beji II Pilangsari Kabupaten Pasuruan. Skripsi, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sulistyorini, M.Pd, (II) Drs. Mu’arifin, M.Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan, model play and game, dalam pembelajaran kebugaran jasmani.

Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang diajarkan disekolah mempunyai peran penting yang nantinya akan membuat peserta didik menjadi pribadi yang baik, karena didalam pendidikan jasmani akan  membuat peserta didik mempunyai karakter yang nantinya akan berguna bagi kehidupannya, pada anak usia sekolah dasar  adalah usia dimana anak-anak lebih senang bermain ataupun permainan, kemampuan seorang guru dalam memberikan variasi pembelajaran sangat diperlukan, karena siswa dapat belajar dengan senang jika pembelajaran dilakukan dengan bermain, guru dapat menciptakan atau memodifikasi suatu permainan agar siswa senang pada saat melakukan pembelajaran pendidikan jasmani. Model bermain yang dapat diterapkan dalam pembelajaran pendidikan jasmani adalah model Play and Game (Bermain dan Permainan).

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan model play and game dalam pembelajaran kebugaran jasmani bagi siswa kelas V SDN Beji II Pilangsari Kabupaten Pasuruan, dan menarik minat siswa dalam melakukan pembelajaran kebugaran jasmani, sehingga siswa dapat mengikuti pembelajaran kebugaran jasmani dengan senang dan gembira tanpa harus merasa lelah dan bosan yang berlebih.

Rancangan penelitian ini peneliti mengacu pada model pengembangan (research and development) Borg and Gall. Dari sepuluh langkah yang ada beberapa dimodifikasi oleh peneliti sesuai kebutuhan. Langkah-langkah yang diambil (1) Analisis kebutuhan dan observasi lapangan, (2) Pembuatan produk awal, (3) Evaluasi ahli, (4) Uji coba kelompok kecil dengan menggunakan 12 subjek, (5) Revisi produk awal, (6) Uji coba kelompok besar dengan menggunakan 30 subjek, (7) Revisi produk akhir dan hasil akhir pengembangan.

Dari penelitian dan pengembangan serta prosedur yang dilakukan di atas, dihasilkan produk yaitu Model Play and Game dalam Pembelajaran Kebugaran Jasmani bagi Siswa Kelas V SDN Beji II Pilangsari Kabupaten Pasuruan dengan spesifikasi : (1) Model pembelajaran menggunakan 2 komponen kebugaran jasman yang sesuai dengan kompetensi dasar kelas V SD semester I, yaitu kekuatan, dan kecepatan yang dibagi menjadi 2 pos, (2) Masing-masing pos terdiri 4 macam model bermain (play), (3) Sedangkan untuk model permainan (game) dibagi dalam 3 pos permainan yang diacak dan digabungan dari pos kekuatan dan kecepatan.

Berdasarkan hasil uji ahli, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar disimpulkan Model Play and Game dalam Pembelajaran Kebugaran Jasmani bagi Siswa Kelas V SDN Beji II Pilangsari Kabupaten Pasuruan ini bermanfaat, menarik dan menyenangkan. Sebagai upaya penyebarluasan produk yang telah dikembangkan ke sasaran yang lebih luas sebaiknya produk yang telah dikembangkan ini dievaluasi kembali disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada.

            Hasil dari pengembangan penelitian ini berupa buku petunjuk pelaksanaan model play and game dalam pembelajaran kebugaran jasmani, dengan spesifikasi sebagai berikut 1) Buku petunjuk ini berukuran A5 148x210 mm, 2) Dalam buku petunjuk ini terdiri dari model bermain dan permainan (play and game), 3) Model bermain (play) terdiri dari dua komponen kebugaran jasmani (kekuatan dan kecpatan) terbagi atas dua pos bermain kekuatan dan pos bermain kecepatan, masing-masing pos bermain kekuatan dan kecepatan terdiri atas 4 macam model bermain, 4) Model permainan terdiri atas 3 pos permainan yang merupakan gabungan dari model bermain dari pos kekuatan dan kecepatan yang diacak, masing-masing pos permainan terdiri atas 3 permainan.

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat, hidayah dan petunjuk-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “Model Play and Game dalam Pembelajaran Kebugaran Jasmani bagi Siswa Kelas V SDN Beji II Pilangsari Kabupaten Pasuruan” dengan baik. Penulis menyadari keberhasilan penulisan skripsi ini tidak lepas dari peran serta dukungan dari pihak lain. skripsi ini tidak akan terwujud dan terselesaikan dengan baik tanpa adanya bantuan, bimbingan, dan doa dari semua pihak baik secara langsung maupun tidak langsung, oleh karena itu penulis menyampaikan rasa terima kasih kepada:

1.        Dr. Roesdiyanto, M.Kes., selaku Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang yang telah memberi izin penulisan skripsi.

2.        Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes, selaku Ketua jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas ilmu Keolahragaan, yang telah memberi izin penulisan skripsi serta memberi arahan, memotivasi dan semangat dalam menyelesaikan skripsi.

3.        Dra. Sulistyorini, M.Pd,  selaku pembimbing I dan ahli pembelajaran pendidikan jasmani yang telah sabar membimbing, memberi saran, arahan serta masukan dalam penyusunan skripsi ini.

4.        Drs. Mu’arifin, M.Pd, selaku pembimbing II, yang telah memberi arahan, memotivasi dan semangat dalam menyelesaikan skripsi.

5.        H. Sukamtono, S.Pd selaku Kepala Sekolah SDN Beji II Pilangsari Kabupaten Pasuruan yang telah memberikan izin dan kemudahan dalam proses penelitian.

6.        Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd., M.Pd, selaku ahli permainan yang telah membimbing dan memberi masukan terhadap hasil produk pengembangan.

7.        Abdul Kalim S.Pd., selaku Guru Pendidikan Jasmani SDN Beji II Pilangsari Kabupaten Pasuruan yang telah membantu dalam kegiatan penelitian.

8.        Ibu tercinta Siti Aliyah S.Pd yang telah memberi dukungan moral maupun materil, motivasi, nasehat serta doa, dan Ayah tercinta Sunardi yang telah memberi semangat untuk menyelesaikan skripsi ini.

9.        Kakak tercinta (Silvia Yuli Eka Rini), Indra Wahyu, oking adi, Titis Nurul Arsana serta teman-teman, keluarga lainnya dan teman-teman Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Khususnya angkatan 2008 off AA yang telah mendukung dan memberi bantuan menyelesaikan skripsi ini.

Penulis menyadari penyusunan skripsi ini tidak lepas dari kekurangan, maka untuk itu penulis dengan senang hati menerima saran dan kritik untuk membangun dan menyempurnakan skripsi ini. Semoga skripsi ini dapat memberi manfaat. Amin.

Malang,       Juli 2013

Penulis