SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Electronic Book Permainan Bolavoli Pantai Sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa Fakultas Ilmu KeolahragaanABSTRAK Bayu Permana, Anggita. 2013. Pengembangan Electronic Book Permainan Bolavoli Pantai Sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa Fakultas

Anggita Bayu Permana

Abstrak


ABSTRAK

Bayu Permana, Anggita. 2013. Pengembangan Electronic Book Permainan Bolavoli Pantai Sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan. Skripsi, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wasis Djoko Dwiyogo, M.Pd., (II) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci: Pengembangan, Materi permainan bolavoli pantai, Media pembelajaran Electronic Book, Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Permainan bolavoli pantai adalah suatu keterampilan yang tidak bisa dipelajari dalam waktu singkat, sedangkan pada perkuliahan matakuliah bolavoli pantai pada jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan hanya memiliki waktu yang sedikit didalam kelas, sehingga materi yang diterima oleh peserta didik sangatlah kurang. Hal ini mengakibatkan peserta didik mengalami kesulitan dalam menyerap materi yang disampaikan oleh dosen. Maka dari itu dibutuhkan suatu media pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa matakuliah bolavoli pantai secara efektif. Media yang paling cocok dan disukai oleh kebanyakan mahasiswa adalah media yang berbasis komputer, selain  berisi penjelasan teknik dasar yang dilengkapi dengan video, media berbasis komputer ini juga menyajikan tentang informasi-informasi yang lain, yang dibutuhkan oleh peserta didik, di sisi lain para mahasiswa peserta matakuliah bolavoli pantai ini kebanyakan memiliki komputer sehingga sangat mendukung sekali terhadap media pembelajaran berbasis komputer ini.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan Electronic Book  bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.

Spesifikasi yang digunakan untuk produk yang peneliti buat adalah berupa pengembangan Electronic Book permainan bolavoli pantai sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan. Electronic Book ini menggunakan aplikasi Power Point 2010 yang berisi tentang sejarah bolavoli pantai, sarana dan prasarana, teknik dasar, taktik bermain, peraturan permaianan, perwasitan, latihan fisik, latihan mental, dan kuis. Electronic Book ini dilengkapi dengan video, gambar, musik, serta suara.

Metode penelitian ini menggunakan metode pengembangan kemudian untuk rancangan penelitian peneliti mengacu pada model pengembangan (research and development) Borg and Gall. Dari sepuluh langkah yang ada beberapa dimodifikasi oleh peneliti sesuai kebutuhan. Langkah-langkah yang diambil (1) Analisis kebutuhan dan observasi lapangan, (2) pembuatan produk awal, (3) evaluasi ahli, (4) uji coba kelompok kecil dengan menggunakan 12 subjek, (5) revisi produk awal, (6) uji coba kelompok besar dengan menggunakan 30 subjek, (7) revisi produk akhir dan hasil akhir pengembangan dengan total keseluruhan sampel yang digunakan oleh peneliti dari uji ahli, uji kelompok kecil dan uji kelompok besar yaitu 45 orang.

Dari penelitian dan pengembangan serta prosedur yang dilakukan di atas, dihasilkan produk yaitu pengembangan Electroic Book Permainan Bolavoli Pantai Sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan: (1) sejarah permainan bolavoli pantai, (2) sarana dan prasarana, (3) teknik dasar, (4) taktik bermaian, (5) peraturan permaianan, (6) perwasitan, (7) latihan fisik, (8) latihan mental, (9) kuis.

Berdasarkan hasil uji ahli, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar disimpulkan pengembangan Electroic Book Permainan Bolavoli Pantai Sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan ini bermanfaat, menarik dan menyenangkan. Sebagai upaya penyebarluasan produk yang telah dikembangkan ke sasaran yang lebih luas sebaiknya produk yang telah dikembangkan ini dievaluasi kembali kemudian disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada.