SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Teknik Dasar Gerak Meroda dan Guling Depan berupa Multimedia Interaktif untuk Siswa Kelas VIII SMP Semester Genap

Elis Agustina

Abstrak


ABSTRAK

Agustina, Elis. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Teknik Dasar Gerak Meroda dan Guling Depan berupa Multimedia Interaktif untuk Siswa Kelas VIII SMP Semester Genap. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang.           Pembimbing: (I) Drs. Mu’arifin, M.Pd, (II) Drs. Mulyani Surendra, M.S

 

 Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran, multimedia interaktif, teknik dasar gerak meroda, guling depan

Senam lantai merupakan salah satu ruang lingkup mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang diajarkan di kelas VIII SMP. Untuk semester genap materi yang diberikan meliputi teknik dasar gerak meroda dan guling depan. Penelitian awal dilakukan pada 1 guru dan 40 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung melalui wawancara dan penyebaran angket analisis kebutuhan dapat disimpulkan bahwa seluruh siswa setuju jika dikembangkan media pembelajaran teknik dasar gerak meroda dan guling depan menggunakan multimedia interaktif.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pembelajaran teknik dasar gerak meroda dan guling depan dalam bentuk multimedia interaktif. Diharapkan, hasil pengembangan ini dapat membantu proses pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan kelas VIII SMP khususnya materi teknik dasar gerak meroda dan guling depan secara optimal.

Penelitian ini mengacu pada model penelitian yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Selanjutnya model pengembangan Borg dan Gall tersebut dimodifikasi menjadi tujuh langkah, yaitu: (1) riset dan pengumpulan data informasi; (2) mengembangkan produk awal; (3) evaluasi para ahli dengan kualifikasi yaitu: 1 ahli media dan 2 ahli pembelajaran Pendidikan Jasmani; (4) uji coba kelompok kecil yang melibatkan 16 subyek; (5) revisi produk awal berdasarkan evaluasi para ahli dan kegiatan uji coba kelompok kecil; (6) uji coba kelompok besar dengan melibatkan 40 subyek; (7) revisi produk akhir berdasarkan uji coba kelompok besar. Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket dan wawancara.

Hasil pengembangan ini adalah media pembelajaran Teknik Dasar Gerak Meroda dan Guling Depan berbentuk compact disc (CD). Media pembelajaran ini mempunyai 6 tampilan utama yang mewakili tampilan media secara keseluruhan, yaitu halaman identitas materi, halaman petunjuk, halaman materi, halaman evaluasi, daftar rujukan dan halaman profil pengembang.

Hasil justifikasi dari ahli pembelajaran Pendidikan Jasmani 75,6% dan ahli media 72,5%. Dari hasil evaluasi uji coba kelompok kecil dengan menggunakan 16 siswa diperoleh persentasi 82,4% dan pada uji coba kelompok besar dengan menggunakan 40 siswa diperoleh persentase 86%.

Berdasarkan hasil pengembangan disarankan agar media ini

dapat digunakan menjadi salah satu alternatif dalam proses pembelajaran di kelas dan pendamping belajar siswa secara mandiri.