SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Komperatif Penerapan RPP dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Bagi Guru Sertifikasi dan Belum Sertifikasi di Kota Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan

Dimas Aji Prabandaru

Abstrak


ABSTRAK

,Dimas Aji., 2013. Studi Komperatif Penerapan RPP dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Bagi Guru Sertifikasi dan Belum Sertifikasi di Kota Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing I: Dr. Asim, M. Pd. Pembimbing II: Drs.Lokananta T.H.W, M.kes.

 

Kata Kunci: Komparasi, pembelajaran, sertifikasi, penerapan

Pendidikan di Indonesia terus mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama yang berkaitan dengan pendidikan jasmani. Adanya suatu paradigma pendidikan jasmani menuntut agar guru memiliki kemampuan yang lebih, bukan hanya sekedar menyampaikan materi, namun juga mampu menumbuhkan minat siswa untuk aktif selama proses pembelajaran pendidikan jasmani dengan suasana yang menyenangkan. Dengan adanya tuntutan tersebut pemerintah mencoba memperbaiki kinerja guru dengan mengadakan program sertifikasi untuk mengetahui seberapa jauh guru dapat berkerja secara professional. Hal itu dapat dilihat secara langsung dengan melihat seberapa bisa guru menerapkan RPP yang dibuat untuk diajarkan kepada siswa didiknya.

Tujuan dari studi komparasi ini adalah untuk mengetahui perbandingan penerapan RPP dalam pembelajaran pendidikan jasmani bagi guru sertifikasi dan belum sertifikasi. Metode yang digunakan dalam studi komparasi ini adalah statistik parametrik komparatif dua sampel independen untuk data yang berdistribusi normal dan analisis statistik nonparametrik komparatif dua sampel independen untuk data yang berdistribusi tidak normal. Data dianalisis dengan bantuan komputer menggunakan Microsoft excel 2007 dan SPSS Statistic 17.

Berdasarkan tabel 4.1 pada pengamatan dalam hal penerapan RPP untuk guru sertifikasi Dikjas berkisar antara 7 - 71 dengan mean sebesar 25,7 dan standar deviasi sebesar 22,3. Nilai mean sebesar 25,7 mengindikasikan bahwa secara keseluruhan, guru pengajar Dikjas sertifikasi dapat menerapkan RPP secara keseluruhan. Berdasarkan table 4.2  pada pengamatan guru dikjas belum sertifikasi, rata-rata skor penerapan RPP dalam proses pembelajaran Dikjas berkisar antara 8 - 68 dengan mean sebesar 24,6 dan standar deviasi sebesar 21,2. Nilai mean sebesar 21,2 mengindikasikan bahwa secara keseluruhan, guru dikjas belum sertifikasi sedikit kurang menerapkan RPP yang telah dibuat. Jika ditelaah lebih lanjut secara deskriptif, hambatan penerapan RPP  yang dihadapi antara guru dikjas sertifikasi dan guru dikjas belum sertifikasi terutama berada pada aspek kegiatan pembukaan. Hal ini dapat dilihat dari nilai mean pada masing-masing sub variabel dimana aspek kegiatan pembukaan memiliki nilai mean yang terendah jika dibandingkan dengan aspek  lain. Sedangkan untuk nilai tertinggi terletak pada kegiatan inti tapi pada aspek kegiatan inti hal ini membuktikan bahwa guru sertifikasi lebih baik daripada guru belum sertifikasi.