SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Mata Kuliah Teori dan Praktik Masase Olahraga pada Bagian Tungkai Berupa Buku Saku untuk Mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Yun Tri Amalia

Abstrak


ABSTRAK

Andika, Selvi Debora Yolan. 2013. Upaya Meningkatkan Keterampilan Gerak Dasar Jalan, Lari, Lompat dan Loncat Dengan Pendekatan Bermain Siswa Kelas III SDN Sumbersari 2 Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mardianto, M.Kes., (II) Drs. Agus Tomi, M.Pd.

 

  Kata Kunci:  Keterampilan, Gerak Dasar Jalan, Lari, Lompat, Loncat, Pendekatan Bermain

Dalam BSNP Sekolah Dasar terdapat SK yang berbunyi Mempraktikkan berbagai gerak dasar dalam permainan sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya, dan KD yang berbunyi mempraktikkan kombinasi gerak dasar jalan, lari dan lompat dengan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggung jawab dan menghargai lawan. Berdasarkan hasil observasi awal pelaksanaannya tidak terlihat, ini disebabkan beberapa faktor seperti, guru terlambat masuk kelas, guru kurang memperhatikan siswanya secara menyeluruh, penggunaan media yang kurang baik dan interaksi guru dengan siswa kurang baik. Hasil observasi awal diperoleh tingkat kesulitan pada gerak dasar jalan pada posisi kaki 70,59%, gerak dasar lari pada posisi kaki 76,47%, gerak dasar lompat pada saat melayang 70,59% dan gerak dasar loncat pada saat melayang 82,35%. Maka dalam pembelajaran gerak dasar jalan, lari, lompat dan loncat ini perlu peningkatan dengan pendekatan bermain.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar jalan, lari, lompat dan loncat dengan pendekatan bermain pada siswa kelas III SDN Sumbersari 2 Kota Malang tahun ajaran 2012/2013.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Dilakukan dengan 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Peneliti berkolaborasi dengan guru pendidikan jasmani. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 17 siswa kelas III SDN Sumbersari 2 Kota Malang yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan catatan lapangan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan teknik dasar jalan, lari, lompat dan loncat selama mengikuti pembelajaran dari tiap siklus. Pada gerak dasar jalan peningkatan tertinggi terjadi pada indikator pandangan kedepan 35,36% dan indikator badn tegak lurus 35,36%, pada gerak dasar lari peningkatan tertinggi terjadi pada indikator kaki digerakkan kedepan dengan tumpuan ujung kaki 35,3%, pada gerak dasar loncat peningkatan tertinggi terjadi pada indikator kedua tangan diayunkan dari belakang kedepan melewati samping badan 44,17%, pada gerak dasar lompat peningkatan tertinggi terjadi pada indikator berat badan berada pada kedua ujung kaki 29,42%.

Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bermain dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar jalan, lari, lompat dan loncat pada siswa kelas III SDN Sumbersari 2 Kota Malang tahun ajaran 2012/2013.