SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Program Kerja Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) Pengkot Malang Tahun 2012 dengan Pendekatan Evaluasi Model CIPP di KONI Kota Malang

Fahmi Arif Ashfahany

Abstrak


ABSTRAK

Ashfahany, Fahmi Arif. 2013. Evaluasi Program Kerja Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) Pengkot Malang Tahun 2012 dengan Pendekatan Evaluasi Model CIPP di KONI Kota Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) I Nengah Sudjana S.Pd., M.Pd. (2) Drs. Heru Widijoto, M.S.

 

Kata Kunci : evaluasi, program kerja, PERBASI Pengkot Malang.

Setiap Cabor yang berada dibawah naungan KONI Kota Malang diharapkan dapat mencetak atlet-atlet yang berprestasi termasuk didalamnya PERBASI Pengkot Malang. Kondisi setiap cabor di KONI Kota Malang berbeda-beda, Perbedaan kondisi pada tiap Cabor juga memunculkan kebijakan-kebijakan yang bervariasi untuk mencapai tujuan, salah satu kebijakan tersebut adalah penyusunan program kerja. Pelaksanaan program kerja yang telah disusun oleh Cabor harus dievaluasi untuk mengetahui hasil kinerjanya, karena evaluasi merupakan proses pengumpulan data untuk menentukan efektifitas ketercapaian tujuan yang telah diprogramkan, untuk pengambilan keputusan selanjutnya.

Evaluasi yang terkait dengan manajemen, program kerja dan kinerja dari suatu organisasi khususnya PERBASI Pengkot Malang sangat penting dilakukan. Manajemen yang dimaksud meliputi proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Proses evaluasi dalam penelitian ini berada dalam lingkup olahraga yaitu di PERBASI Pengkot Malang.

Model penelitian evaluasi yang digunakan adalah model CIPP (Context evaluation, Input evaluation, Proses evaluation, Product evaluation), yang memandang evaluasi dari suatu program merupakan sebuah sistem. Model evaluasi CIPP yang digunakan dalam penelitian ini akan digunakan untuk mengevaluasi pelaksanaan program kerja PERBASI Pengkot Malang tahun 2012.

Hasil penelitian yang sudah dilakukan di PERBASI Pengkot Malang melalui pendekatan kuantitatif secara keseluruhan adalah : variabel kontek penelitian ini memperoleh 87.67%, yang  dapat dikategorikan baik sekali, variabel input 89,62%, yang dapat dikategori baik sekali, variabel proses 82.57%, yang dapat dikategorikan baik sekali dan variabel produk 62.54%, tergolong kategori cukup, sedangkan melalui pendekatan kualitatif diperoleh hasil tidak semua pengurus aktif, dana untuk kegiatan operasional kurang, ada program yang tidak terlaksana, sarana dan prasarana yang kurang terawat, perolehan prestasi yang belum maksimal tidak sesuai dengan target.

Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan program kerja PERBASI Pengkot Malang, secara kuantitatif pelaksanaan progam kerja PERBASI Pengkot Malang sudah baik dilaksanakan namun secara kualitatif perlu dilakukan revisi dengan membuang ataupun menyederhanakan program yang tidak dapat dilaksanakan, menyederhanakan kepengurusan, berupaya mencari dana dari sponsor untuk mememuhi kekurangan, serta menitik beratkan pembinaan prestasi lanjut.