SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PANDUAN LATIHAN BEBAN BAGIAN BAHU MELALUI VIDEO INSTRUKSIONAL UNTUK MEMBER DI SANGGAR KEBUGARAN ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Mohammad Zenyyar Prisa Pahlevi

Abstrak


8ABSTRAK

 

Pahlevi, Mohammad Zenyyar Prisa. 2013. Pengembangan Panduan Latihan Beban Bagian Bahu Melalui Video Instruksional Untuk Member Di Sanggar Kebugaran Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sulistyorini, M.Pd. (2) Drs. Mulyani Surendra, M.S.

 

Kata kunci: penelitian pengembangan, video panduan, fitness, latihan beban, otot bahu, Sanggar Kebugaran Ilmu Keolahragaan UM

Berdasarkan penelitian awal dan analisis kebutuhan yang sudah dilakukan peneliti di Sanggar Kebugaran Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang diperoleh informasi bahwa: (1) 93,3% member di Sanggar Kebugaran Ilmu Keolahragaan  membutuhkan berbagai macam latihan beban bagian bahu, (2) 73,3% instruktur di Sanggar Kebugaran Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang memberikan instruksi hanya pada saat pertama kali latihan, (3) Informasi dan instruksi yang disampaikan instruktur di Sanggar Kebugaran Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang tentang cara memakai alat dan fungsi alat kepada member masih menggunakan penjelasan secara lisan, (4) 100% member di Sanggar Kebugaran Ilmu Keolahragaan  membutuhkan video panduan latihan beban bagian bahu, (5) 100% member setuju bila di Sanggar Kebugaran Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang ada panduan latihan beban bagian bahu melalui video instruksional, (6) Sanggar Kebugaran Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang memerlukan panduan latihan beban bagian bahu.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan panduan latihan beban bagian bahu melalui video instruksional untuk member di Sanggar Kebugaran Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Adanya pengembangan panduan latihan beban bagian bahu ini diharapkan dapat membantu dan mempermudah member dalam mempercepat aspek penguasaan dan pemahaman gerakan-gerakan pelaksanaan latihan beban bagian bahu yang benar, sehingga tidak terjadi kesalahan-kesalahan saat latihan yang berdampak pada keselamatan bahu.

Pengembangan menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang diadaptasi menjadi model yang sederhana. Berdasarkan hasil uji kelompok kecil dengan menggunakan 10 member diperoleh persentase sebesar 87,75% tergolong kategori valid. (3) hasil uji kelompok besar dengan menggunakan 30 member diperoleh persentase sebesar 88,58% tergolong kategori valid sehingga panduan latihan beban bagian bahu melalui video instruksional untuk member di Sanggar Kebugaran Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang dapat digunakan.

Hasil pengembangan berupa video instruksional panduan latihan beban bagian bahu beserta variabel-variabelnya yang dirender dalam bentuk DVD. Dan diharapkan instruktur atau personal trainer sebaiknya lebih kreatif dan inovatif dalam hal pengembangan dan pemanfaatan media panduan dalam proses pemahaman informasi yang akan merangsang member untuk lebih tertarik dengan latihan beban yang akhirnya bermuara pada percepatan proses pemahaman member terhadap latihan beban terutama latihan beban bagian bahu.