SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Macam-macam Pemanasan Melalui Permainan Air untuk Pembelajaran Renang Kelas X Di SMK Negeri 11 Kota Malang

Dian Agung Selfianto

Abstrak


8ABSTRAK

 

Selfianto, Dian Agung. 2013. Pengembangan Macam-macam Pemanasan Melalui Permainan Air untuk Pembelajaran Renang Kelas X Di SMK Negeri 11 Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd, M.Pd, (II) Drs. Mulyani Surendra, M.S.

 

Kata kunci: Pengembangan, pemanasan, macam-macam permainan, olahraga renang.

Renang merupakan suatu cabang olahraga yang dilakukan di air dengan menggerakkan seluruh anggota badan dengan mengapung di permukaan air. Renang juga merupakan salah satu mata pelajaran yang tercantum pada kurikulum di sekolah yang wajib untuk diajarkan. Sebelum melakukan kegiatan ini pemanasan penting dilakukan agar tidak terjadi cedera. Namun kenyataannya siswa tidak semangat untuk melakukan pemanasan karena mereka ingin langsung masuk pada inti pembelajaran. Mereka juga tidak bersemangat  melakukan pemanasan, karena model-model dari pemanasan yang diberikan oleh pengajar  kurang bervariasi. Hasil analisis kebutuhan awal dari guru Penjasorkes dan siswa kelas X SMK Negeri 11 Kota Malang adalah mereka membutuhkan macam-macam permainan air untuk pemanasan dalam materi pembelajaran renang yang bervariasi. Sehingga peneliti melakukan penelitian dan pengembangan macam-macam pemanasan melalui permainan air untuk pembelajaran renang.

Tujuan penelitian adalah mengembangkan macam-macam pemanasan melalui permainan air sebelum melakukan kegiatan pembelajaran renang pada siswa kelas X di SMK Negeri 11 Kota Malang. Prosedur pengembangan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall dengan mengambil 8 langkah dari 10 langkah yang ada, yaitu observasi dan pengumpulan data, mengembangkan produk, evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil, revisi produk, uji coba kelompok besar, revisi produk akhir dan menghasilkan produk akhir.

Hasil evaluasi dan persentase dari 1 orang Ahli pembelajaran renang menyatakan 88,8% produk pengembangan sangat baik sehingga dapat digunakan. Kemudian dari 1 dosen Pembimbing sebagai justifikator pada aspek permainan  menyatakan 90,5% produk pengembangan sangat baik sehingga dapat digunakan. Untuk uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase 87,71% sehingga produk dinyatakan sangat baik dan dapat digunakan, sedangkan persentase pada uji coba kelompok besar terdapat penilaian sebesar 87,75% sehingga produk juga dinyatakan sangat baik dan dapat digunakan.

Macam-macam pemanasan melalui permainan air ini dapat digunakan dan dapat membantu Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan dalam mengajar kelas X agar pembelajaran renang tidak monoton. Macam-macam pemanasan melalui permainan air untuk pembelajaran renang ini, untuk selanjutnya diharapkan bisa dikembangkan lagi dalam bentuk buku saku atau VCD agar lebih menarik minat siswa.