SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Upaya meningkatkan keterampilan pembelajaran rangkaian teknik dasar senam lantai gerak meroda dan guling depan menggunakan metode part and whole untuk siswa kelas VIII A di SMP Negeri 2 Ngunut Kabupaten Tulungagung

MUHAMMAD AKBAR SUDRAJAT

Abstrak


8ABSTRAK

 

  Sudrajat, Muhammad Akbar. 2013. “ Upaya Meningkatkan Keterampilan Pembelajaran Rangkaian Teknik Dasar Senam Lantai Gerak Meroda dan Guling Depan Menggunakn Metode Part And Whole Untuk Siswa Kelas VIII A di SMP Negeri 2 Ngunut Kabupaten Tulungagung” Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan FIK Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sri Purnami, M.Pd, (II) Drs. Lokananta Teguh H.W, M.Kes.

 

Kata kunci:  Keterampilan, senam lantai meroda, metode part and whole.

Senam lantai merupakan bagian dari mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan yang diberlakukan di Sekolah Menengah Pertama. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti dengan guru pendidikan jasmani saat pembelajaran senam lantai rangkaian meroda dan guling depan yang dilakukan terhadap siswa kelas VIII A di SMP Negeri 2 Ngunut Kabupaten Tulungagung, didapatkan hasil senam lantai rangkaian meroda dan guling depan khususnya meroda masih kurang optimal. Oleh karena itu perlu adanya metode baru dalam penyampaian materi pembelajaran agar materi yang disampaikan dapat tercapai.

Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk meningkatkan keterampilan pembelajaran rangkaian teknik dasar senam lantai gerak meroda dan guling depan menggunakn metode part and whole untuk siswa VIII A di SMP Negeri 2 Ngunut Kabupaten Tulungagung.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif  kualitatif dan kuantitatif sedangkan rencana yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan tahapan observasi, siklus 1, dan siklus 2. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri, sedangkan siswa kelas VIII A sebagai subyek penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan).

Hasil penelitian penggunaan metode part and whole dalam proses keterampilan pembelajaran rangkaian teknik dasar gerak meroda dan guling depan untuk siswa kelas VIII A di SMP Negeri 2 Ngunut Kabupaten Tulungagung setelah diberi tindakan pada siklus 1 dan siklus 2 adalah sebagai berikut: 100% siswa yang mampu melakukan gerakan dengan benar dari aspek sikap awal yaitu pada saat posisi kaki kanan di belakang posisi siku lurus. 94% siswa yang mampu melakukan gerakan dengan benar dari aspek posisi tangan yaitu pada saat tangan menumpu pandangan ke matras. 88% siswa yang mampu melakukan gerakan dengan benar dari aspek posisi badan yaitu pada saat badan lurus posisi kedua kaki terbuka lebar. 88% siswa yang mampu melakukan gerakan dengan benar dari aspek posisi kaki yaitu seiring memutar badan antara tangan kanan dengan kaki membentuk sudut 15-20 derajat. 100% siswa yang mampu melakukan gerakan dengan benar dari aspek sikap akhir yaitu kaki rapat dan tangan diangkat disamping telinga.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian metode part and whole dapat meningkatkan keterampilan pembelajaran rangkaian teknik dasar senam lantai gerak meroda dan guling depan menggunakn metode part and whole untuk siswa VIII A di SMP Negeri 2 Ngunut kabupaten Tulungagung. Saran berdasarkan penelitian ini: (1) guru pendidikan jasmani diharapkan lebih kreatif dan lebih bervariasi lagi dalam memberikan materi pembelajaran, (2) guru pendidikan jasmani diharapkan lebih peka terhadap apa yang dibutuhkan oleh siswa, kesulitan yang dialami siswa, serta bisa mencari solusi untuk memecahkan masalah yang dialami oleh siswa.