SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan VCD Pembelajaran Pembalikan Renang Gaya Punggung Untuk Pelatih dan Atlet Pemula Klub Renang Kabupaten Malang.

Shandy Pieter Pelamonia

Abstrak


ABSTRAK

 

Pelamonia, Shandy Pieter. 2013. Pengembangan VCD  Pembelajaran  Pembalikan Renang Gaya Punggung Untuk  Pelatih dan Atlet  Pemula Klub Renang Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes, (2) Dr. Saichudin, M.Kes.

 

Kata kunci: Pengembangan,  Panduan, Pembalikan Renang Gaya Punggung, Klub Renang Kabupaten Malang.

Pembalikan renang adalah Gerakan yang dilakukan seorang perenang untuk berbalik setelah sebagian besar dari tubuhnya menyentuh dinding. Pembalikan akan mendukung waktu yang ditempuh perenang dan menghindari diskualifikasi perlombaan. Latihan pembalikan yang baik dan benar juga ada kiat-kiat yang mendukung selain instruksi dari pelatih atau buku panduan yang ada, alangkah baiknya juga ada media yang dicontohkan kepada pelatih dan atlet renang seperti pemodelan via video pembelajaran dalam bentuk Video Compact Disc (VCD).  Berdasarkan latar belakang masalah tersebut peneliti ingin menemukan alternative pemecahan masalah dengan mengembangkan media pembelajaran yang berisi VCD pembelajaran pembalikan renang gaya punggung untuk pelatih dan atlet renang pemula klub renang Kabupaten Malang.

Tujuan peneliti mengembangkan produk VCD pembelajaran pembalikan renang gaya punggung sehingga dapat membantu pelatih dalam menyampaikan materi pembalikan renang gaya punggung agar atlet lebih mudah melakukan proses pembelajaran pembalikan renang gaya punggung.

Peneliti menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi menjadi model yang lebih sederhana yaitu: (1) Melakukan penelitian dan pengumpulan data informasi dengan memberikan instrumen analisis kebutuhan kepada pelatih dan atlet renang pemula klub renang Kabupaten Malang; (2) Pembuatan rancangan produk awal panduan latihan beban bagian dada melalui video dengan meminta evaluasi para ahli dengan kualifikasi yaitu, 1 ahli media, 1 ahli renang dan 1 ahli pembelajaran lalu melakukan revisi produk pertama (sesuai dengan saran-saran dari evaluasi para ahli); (3) Uji coba kelompok kecil; (4) Revisi produk kedua; (5) Uji coba lapangan (kelompok besar) dengan mengujicobakan hasil revisi produk kedua; (6)Revisi produk akhir (apabila ada masukan atau saran dari dan uji coba lapangan); (7) Hasil akhir produk pengembangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.

Berdasarkan hasil persentase uji coba kelompok kecil yang menggunakan 9 atlet dengan hasil 85,47% dan 1 pelatih dengan hasil 87,21% serta hasil persentase uji coba kelompok besar yang menggunakan 27 atlet dengan hasil 84,73% dan 3 pelatih dengan hasil 83.33% . Hasil persentase tersebut menyatakan bahwa produk ini dapat digunakan untuk pelatih dan atlet renang pemula klub renang Kabupaten Malang. Hasil dari para ahli adalah masukan dan saran-saran untuk produk VCD.

Karena penelitian ini hanya terbatas pengembangan produk, diharapkan ada penelitian selanjutnya yang menguji tingkat efektivitas produk yang telah dikembangkan ini.