SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Teknik Dasar Pasing Atas Bolavoli Menggunakan Video Pembelajaran Untuk Siswa Kelas VII SMPN 14 Malang

Desy Tya Maya Ningrum

Abstrak


ABSTRAK

 

Ningrum, Maya Tya Desy. 2013. Pengembangan Pembelajaran Teknik dasar Pasing Atas Bolavoli Menggunakan Video Pembelajaran untuk Siswa Kelas VII SMPN 14 Malang. Pembimbing: (I) Dra.Sulistyorini, M. Pd,  (II) Drs. Lokananta Teguh H.W., M.Kes.

 

Kata Kunci: Pembelajaran, teknik dasar pasing atas bolavoli, video pembelajaran

Pembelajaran adalah adanya interaksi antara pengajar dengan peserta didik. pembelajaran yang baik, ditunjang oleh fasilitas yang memadai, ditambah dengan kreatifitas guru yang akan membuat peserta didik lebih kreatif dalam rangka mencapai target belajar yang diharapkan pada saat proses pembelajaran. Oleh sebab itu maka perlu adanya pemanfaatan teknologi media pembelajaran yang tepat, karena media pembelajaran yang menarik, akan menambah antusias, perhatian, minat dan pemahaman seseorang terhadap informasi yang disajikan. Pembelajaran pasing atas bolavoli yang disajikan dalam materi permainan bolabesar di SMPN 14 Malang juga memerlukan adanya pemilihan media yang tepat sesuai dengan sarana dan prasarana yang ada dilingkungan sekolah agar materi pembelajaran dan sistem penyampaiannya dapat berkembang, sehingga dapat disampaikan seluruhnya kepada siswa.

Penelitian awal dilakukan pada 1 guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dan 32 siswa kelas VII SMPN 14 Malang. Pada penelitian awal melalui wawancara dan penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) dapat disimpulkan bahwa (1) Guru sudah pernah memberikan materi mengenai teknik dasar pasing atas bola voli tetapi dalam aplikasinya siswa belum pernah diberikan variasi dan kombinasi dalam pembelajaran pasing atas bolavoli melalui permainan sederhana, (2) Guru belum mempunyai media pembelajaran berupa video pembelajaran teknik dasar pasing atas bolavoli, (3) siswa yang sangat setuju jika dikembangkan pembelajaran permainan pasing atas bolavoli menggunakan video pembelajaran 100 %.

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran teknik dasar pasing atas bolavoli menggunakan video pembelajaran untuk siswa kelas VII SMPN 14 Malang, sehingga dengan pengembangan video pembelajaran siswa akan lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran pasing atas bolavoli. Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket dan wawancara.

Penelitian dan Pengembangan ini mengacu pada model penelitian pengembangan Borg dan Gall yang terdiri dari 10 langkah dan menurut (Ardhana, 2002:09) mengemukakan bahwa: “prosedur pelaksanaan penelitian pengembangan bukan merupakan langkah-langkah baku yang harus diikuti secara kaku, setiap pengembangan tentu saja dapat memilih dan menentukan langkah-langkah yang paling tepat bagi dirinya berdasarkan kondisi khusus yang dihadapinya dalam proses pengembangan” . Penelitian ini hanya menggunakan7  langkah yang terdiri dari: (1) penelitian awal (analisis kebutuhan),(2) pembuatan produk, (3) evaluasi para ahli, (4), uji coba kelompok kecil (5), revisi produk (6) uji coba kelompok besar, (7) revisi produk akhir

Produk awal telah dijustifikasi oleh ahli pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, ahli permainan bolavoli, dan ahli media pembelajaran yang hasil akhirnya menunjukkan bahwa “Pengembangan Pembelajaran Teknik dasar Pasing Atas Bolavoli Menggunakan Video Pembelajaran untuk Siswa Kelas VII SMPN 14 Malang” dapat diuji cobakan. Dari hasil evaluasi uji coba kelompok kecil dengan subjek 12 siswa kelas VII diperoleh persentase 92,74% dengan klasifikasi sangat baik dan dari hasil evaluasi uji coba kelompok besar dengan subjek 32 siswa kelas VII diperoleh persentase 87,07% dengan klasifikasi sangat baik maka Pengembangan Pembelajaran Teknik dasar Pasing Atas Bolavoli Menggunakan Video Pembelajaran untuk Siswa Kelas VII SMPN 14 Malang layak digunakan.