SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI) Kota Malang Tahun 2012

Yafi Velyan Mahyudi

Abstrak


ABSTRAK

 

Mahyudi, Velyan Yafi. 2013. Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja PERCASI Kota Malang Pada Tahun 2012. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Heru Widijoto M.S, (II) Drs. Lokananta Teguh H.W., M.Kes.

 

Kata Kunci: Evaluasi, Program, Context, Input, Process, Product

Evaluasi juga dapat diartikan kegiatan untuk mengumpulkan informasi tentang bekerjanya sesuatu, yang selanjutnya informasi tersebut digunakan untuk menentukan alternatif yang tepat dalam mengambil sebuah keputusan. Oleh sebab itu maka perlu adanya sebuah evaluasi untuk menentukan keefektifan sebuah program. Evaluasi disini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dari program kerja PERCASI Kota Malang tahun 2012

Penelitian awal dilakukan pada sekretaris umum dan ketua bidang pembinaan prestasi KONI Kota Malang. Pada penelitian awal melalui wawancara dan penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) dapat disimpulkan bahwa setiap cabang olahraga yang membuat program kerja juga membuat laporan akhir tahun, 1) KONI mengharapkan adanya hasil evaluasi dari kegiatan tahunan, 2) dari rancangan program kerja KONI tahun 2012 khususnya dari bidang pembinaan presatsi pada butir 14 tertulis bahwa KONI membantu cabor dalam melakukan evaluasi kegiatan tahun 2012 dan menyusun laporan kegiatan akhir tahun, KONI juga memberikan ijin kepada peneliti untuk melakukan penelitian evaluasi kegiatan pada salah datu cabang olahraga, 3) cabang olahraga yang diijinkan KONI untuk penelitian evaluasi yaitu pada cabang olahraga catur (PERCASI) Kota Malang.

Penelitian evaluasi ini bertujuan untuk Untuk mengetahui perencanaan dari organisasi Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI) Kota Malang dalam membina atlet berprestasi. Untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan dari perencanaan yang dilakukan oleh PERCASI Kota Malang dalam membina atlet berprestasi. Untuk mengetahui pengorganisasian yang dilakukan organisasi PERCASI Kota Malang dalam membina atlet berprestasi. Untuk mengetahui pelaksanaan proses kegiatan organisasi PERCASI Kota Malang dalam membina atlet berprestasi. Dalam penelitian evaluasi ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase dan teknik analisis kualitatif. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket dan wawancara.

Penelitian evaluasi ini mengacu pada model penelitian evaluasi program dari Stufflebeam yang terdiri dari Context Evaluation, Input Evaluation, Process Evaluation, Product Evaluation. Context dari program kerja PERCASI Kota Malag meliputi tujuan dan hasil yang ingin dicapai dari program kerja, Input meliputi dari segi pengolahraga (atlet), tenaga keolahragaan (pelatih dan pengurus).

Dalam context bidang kesekretariatan, bidang organisasi, bidang pembinaan prestasi dan bidang sarana dan prasarana program kerja PERCASI Kota Malang tahun 2012 sudah menyusun serangkaian kegiatan dan menjadwalkan serangkaian kegiatannya secara berkala dan berkesinambungan agar terus aktif (konsisten), serta kegiatan tersebut ditujukan untuk memenuhi kebutuhan atlet dan pengurus PERCASI Kota Malang. Dalam input bidang kesekretariatan, bidang organisasi, bidang pembinaan prestasi dan bidang sarana dan prasarana program kerja PERCASI Kota Malang tahun 2012 sudah mempertimbangkan sumber daya yang tersedia dalam melaksanakan serangkaian kegiatannya, dan selalu memanfaatkan sumber daya yang tersedia dalam setiap kegiatannya (konsisten), serta menempatkan sumber daya yang tersedia sesuai dengan kemampuannya dalam melaksanakan serangkaian kegiatan program kerja PERCASI Kota Malang. Dalam process bidang kesekretariatan, bidang organisasi dan bidang sarana dan prasarana berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat diputuskan bahwa program kerja PERCASI Kota Malang pada ketiga bidang tersebut belum melaksanakan serangkaian kegiatannya secara berkala dan berkesinambungan agar terus aktif (konsisten), serta belum melaksanakan serangkaian kegiatannya. Dalam process bidang pembinaan prestasi, berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat diputuskan bahwa program kerja PERCASI Kota Malang pada bidang pembinaan prestasi sudah melaksanakan serangkaian kegiatannya secara berkala dan berkesinambungan agar terus aktif (konsisten).

Dalam product bidang kesekretariatan, bidang organisasi, bidang sarana dan prasarana program kerja PERCASI Kota Malang tahun 2012 belum menghasilkan produk yang sesuai dari serangkaian kegiatannya. Sedangkan pada product bidang pembinaan prestasi sudah menghasilkan produk yang sesuai dari serangkaian kegiatannya secara berkala dan berkesinambungan (konsisten), serta produk tersebut mampu memberikan dampak yang baik.

Dalam context program kerja PERCASI Kota Malang pada tahun 2012 berada pada tingkat ideal. Dalam input program kerja PERCASI Kota Malang pada tahun 2012 berada pada tingkat ideal. Dalam pocess program kerja PERCASI Kota Malang pada tahun 2012 berada pada tingkat kurang ideal. Dalam product program kerja PERCASI Kota Malang pada tahun 2012 berada pada tingkat kurang ideal. Dari data di atsa peneliti merekomendasikan untuk merevisi program kerja PERCASI Kota Malang tahun 2012 dengan cara sebagai berikut: 1) Melihat program kerja pada cabang olahraga lain yang ada di Kota Malang maupun diluar Kota Malang yang organisasinya berjalan lancar sehingga program yang disusun bisa terlaksana dengan baik. 2) Mengulangi program kerja PERCASI Kota Malang pada pembinaan prestasi ditahun berikutnya karena pada bidang tersebut berhasil dengan baik.