SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PengaruhLatihan Multi Ball Training TerhadapKonsistensiPukulan Loop Drive DalamPermainanTenisMejaUntukAtletPersatuanTenisMejaGajayana Malang.

Adi Sucipto

Abstrak


ABSTRAK

 

Sucipto, Adi. 2013. Pengaruh Latihan Multi Ball Training  Terhadap Konsistensi Pukulan Loop Drive  Dalam Permainan Tenis Meja Untuk Atlet Persatuan Tenis Meja Gajayana Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mu’arifin, M.Pd. (II) Drs. LokanantaTeguh H.W, M. Kes.

 

Kata Kunci:  Program Latihan, Multiball Training, Keterampilan   Loop drive.

Para atlet yang mengikuti kegiatan pelatihan di persatuan tenis meja Gajayana Malang masih belum di berikan latihan multiball training dengan benar.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan multiball training terhadap keterampilan loop drive pada kegiatan-kegiatan pelatihan di persatuan tenis meja Gajayana Malang.

Metode penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Eksperimen dengan menggunakan rancanang penelitian “One-Group Pretest-Posttest Design”. Jenis penelitian ini adalah rancangan penelitian pra-eksperimental. Rancangan pra-eksperimental ini digunakan untuk mengungkapkan hubungan sebab akibat hanya dengan melibatkan satu kelompok subyek sehingga tidak ada kontrol yang ketat terhadap variable eksternal. Pada penelitian ini atlet melakukan tes awal yang di sebut dengan pretest, setelah itua tlet di berikan perlakuan berupa program latihan multiball training,setelah itu atlet melakukan tes akhir (Posttest).

Hasil analisis uji-t adalah sebesar t 5,811dengan nilai signifikasi α = 0,05, yang berarti hipotesisd iterima. Hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan latihan multiball training terhadap pukulan loop drive pada konsistensi permainan tenis meja pada kegiatan-kegiatan pelatihan di persatuan tenis meja Gajayana Malang.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dalam program latihan multiball training terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan konsistensi pukulan loop drive dalam permainan tenis meja kegiatan pelatihan di persatuan tenis meja Gajayana Malang.

Saran dari hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan pedoman dan acuan dalam pembuatan program latihan oleh pelatih dan atlet yang mengikuti kegiatan-kegiatan pelatihan di persatuan tenis meja Gajayana Malang guna untuk meningkatkan keterampilannya dalam permainan tenis meja.