SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Servis Bawah Bolavoli Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Malang

Novi Anggraini

Abstrak


ABSTRAK

 

Anggraini, Novi Dian. 2013. Pengembangan Pembelajaran Servis Bawah Bolavoli Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. M. E. Winarno. M.Pd, (2) Dra. Sulistyorini. M.Pd.

 

Kata Kunci: pembelajaran, teknik dasar servis bawah, bolavoli.

Salah satu ruang lingkup pelaksanaan pendidikan jasmani di kelas VIII SMP Negeri 5 Malang yaitu permainan dan olahraga yang di dalamnya terdapat permainan bola besar yaitu servis bawah bolavoli. Dengan melakukan penelitian awal yang menggunakan analisis kebutuhan siswa dan wawancara guru pendidikan jasmani, peneliti dapat menyimpulkan bahwa diperlukan penelitian dengan mengembangkan  pembelajaran teknik dasar servis bawah bolavoli yang dapat menjadikan siswa aktif, senang, dan tidak mudah jenuh.

Penelitian ini bertujuan mengembangkan pembelajaran servis bawah bolavoli yang menarik dengan berbagai modifikasi permainan yang dilaksanakan untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Malang, dan diharapkan siswa dapat meningkatkan semangat dan menguasai materi dalam pembelajaran servis bawah bolavoli.

Spesifikasi produk pengembangan pembelajaran teknik dasar servis bawah bolavoli ini terdiri dari enam model pembelajaran yaitu pembelajaran timang bola servis bawah, pembelajaran servis bawah berpasangan, pembelajaran servis segitiga, pembelajaran servis segi empat, pembelajaran adu servis, pembelajaran servis gawang. Keseluruhan pembelajaran menarik untuk dilakukan siswa, pelaksanaan pembelajaran yang aman dan mudah. Selain itu, pembelajaran yang dikembangkan bervariasi dan bermanfaat bagi siswa.

Prosedur penelitian ini melalui berbagai tahap, antara lain: (1) penelitian awal (analisis kebutuhan) dengan terhadap guru pendidikan jasmani dan angket kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Malang.(2) perencanaan produk awal. (3) evaluasi ahli. (4) merevisi hasil uji coba produk awal (sesuai hasil evaluasi ahli). (5) uji coba kelompok kecil menggunakan 12 subyek. (6) uji coba kelompok besar menggunakan 30 subyek. (7) merevisi hasil uji coba kelompok besar berdasarkan hasil evaluasi ahli sekaligus menyempurnakan produk.

Dari hasil analisis uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 85,28% dengan klasifikasi persentase baik sekali, sedangkan dari hasil analisis uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 86,25% dengan klasifikasi persentase baik sekali sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan pembelajaran servis bawah bolavoli dapat diterapkan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Malang.

Saran untuk guru pendidikan jasmani yakni lebih bervariasi dalam penyampaian materi dan penggunaan model pembelajaran sehingga menjadikan siswa senang dan aktif bergerak. Saran untuk penelitian lebih lanjut yaitu pembuatan pengembangan model pembelajaran lebih bervariasi, serta diuji keefektivitasnya agar produk lebih sempurna dan bermanfaat.