SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Panduan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Dengan Nilai-Nilai karakter Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk Guru SMP di Kota Malang

evi sulistyaningsih

Abstrak


ABSTRAK

 

Sulistyaningsih, Evi. 2013. Pengembangan Buku Panduan Penyusunan RencanaPelaksanaan Pembelajaran (RPP) Dengan Nilai-Nilai karakter MataPelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk Guru SMPdi Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Pendidikan Jasmani danKesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. M.E. Winarno, M.Pd, (II) Dr. Wasis D.Dwiyogo, M.Pd.

 

Kata Kunci: Buku panduan, RPP dengan nilai-nilai karakter, Penjasorkes

RPP dengan nilai-nilai karakter pada fakta yang terjadi banyak dari guru-guru kita yang memiliki persepsi kurang tepat. Hal yang paling mendasarbiasanya adalah RPP disebut berkarakter ketika dalam RPP dituliskan secara jelasredaksional dari 18 karakter bangsa yang sudah ada. Sedangkan kalau berbicaramata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan memang sangat unikdan berbeda dari mata pelajaran lain. Dalam SK/KD mata pelajaran Penjasorkessudah termaktub secara jelas seluruh 18 aspek karakter bangsa yang harus ditanamkan kepada peserta didik. Aspek-aspek karakter tersebut seharusnyadimasukkan kedalam tujuan pembelajaran dalam RPP yang telah dibuat tanpaharus menambahkan poin komponen dalam RPP hanya untuk mengesankanbahwa RPP tersebut bisa disebut dan menanamkan nilai-nilai tersebut padarancangan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dalam RPP.

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jalan keluar dari permasalahanyang ada yaitu dengan mengembangkan “Buku Panduan Penyusunan RPPDengan Nilai-Nilai Karakter Mata Pelajaran Penjasorkes”. Diharapkan,pengembangan ini dapat menjadi solusi dalam membantu Bapak/ Ibu guruPenjasorkes di SMP Kota Malang dalam proses penyusunan RPP dengan nilai-nilai karakter yang baik.

Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (research anddevelopment) yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Penelitian pengembanganmenggunakan teknik analisis yaitu teknik analisis deskriptif dengan persentase.Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasilpenyebaran angket.

Berdasarkan observasi awal dan wawancara yang dilakukan penelitidengan mahasiswa yang sudah melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan dibeberapa SMP Negeri yang ada di Kota Malang, peneliti menemukanpermasalahan yang di alami yaitu; mahasiswa PPL mengalami kesulitan dalammenyusun RPP berkarakter terutama tidak adanya buku panduan atau petunjukcara merancang atau menyusun RPP tersebut. Pada penelitian awal melaluipenyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) kepada 8 guruPenjasorkes di 8 SMP Kota Malang pada tanggal 23 Mei 2012 sampai dengan 30Mei 2012 mendapatkan hasil 2 orang guru menyatakan belum pernah membuatRPP berkarakter, 1 orang guru hanya membuat 1-5 RPP berkarakter, 3 orang guruhanya membuat 6-9 RPP berkarakter, dan 2 orang guru yang telah membuatseluruh RPP berkarakternya dalam satu semester pembelajaran. Untuk pernyataan kesulitan dalam membuat RPP berkarakter 1 orang guru menyatakan sangat sulit,1 orang guru menyatakan sulit, 5 orang guru menyatakan mudah, dan 1 orangguru menyatakan sangat mudah. Untuk pernyataan kesulitan untuk mengikutibuku panduan cara menyusun RPP dari Pendidikan Nasional 1 orang gurumenyatakan sangat sulit, 2 orang guru menyatakan sulit, dan 4 orang gurumenyatakan mudah. Untuk pernyataan kelengkapan dan kemudahan yang terdapatpada panduan buku RPP berkarakter dari Pendidikan Nasional 1 orang gurumenyatakan selalu tercantum secara eksplisit, 4 orang guru menyatakan tercantumsecara implisit, dan 1 orang guru menyatakan tidak tercantum.

Produk pengembangan “Buku Panduan Penyusunan RPP Dengan Nilai-Nilai karakter Mata Pelajaran Penjasorkes” ini sangat tepat untuk guruPenjasorkes, bermanfaat  dan berguna bagi guru Penjasorkes. Karena produk inimemiliki kelebihan yaitu terdapat penjelasan tentang konsep pendidikan Karakterterutama untuk Penjasorkes, terdapat prinsip-prinsip tentang panduan secaraumum maupun teknis penyusunan RPP dengan nilai-nilai karakter Penjasorkessecara praktis, contoh rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), serta penjabaraandan penjelasan secara teknis dari tiap-tiap komponen yang terdapat dalam RPP,termasuk sistematika dan penilaian dalam RPP dan contoh RPP keseluruhan.Sehingga peneliti menyarankan untuk memiliki, membaca, memahami, danmengaplikasikan produk pengembangan ini.