SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN RENANG 1 (GAYA BEBAS) MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Satya Kuncoro

Abstrak


ABSTRAK

 

Kuncoro, Satya. 2013. Pengembangan Pembelajaran Renang 1 (Gaya Bebas) Menggunakan Video Pembelajaran Bagi Mahasiswa Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Mardianto, M.Kes, (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd.

 

Kata Kunci: pembelajaran, renang, dan video pembelajaran.

Berenang merupakan salah satu jenis matakuliah di Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Berdasarkan wawancara yang dilakukan peneliti dengan dosen pendidikan jasmani pada tanggal 29 Agustus 2012, diperoleh hasil: metode pembelajaran yang diberikan selama perkuliahan renang adalah Part and Whole serta metode latihan, selama ini belum ada media pembelajaran berupa video pembelajaran matakuliah renang 1 (satu), perlu dikembangkan video pembelajaran sebagai variasi pembelajaran. Sedangkan pada penelitian awal melalui penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) kepada 21 mahasiswa yang dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus 2012 mendapatkan hasil: 10 mahasiswa setuju, 10 mahasiswa sangat setuju dan 1 mahasiswa tidak setuju jika dikembangkan pembelajaran renang 1 menggunakan video.

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan yang ada yaitu dengan mengembangkan pembelajaran renang 1 (gaya bebas) menggunakan video pembelajaran bagi mahasiswa Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Penelitian yang dilaksanakan Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang ini termasuk penelitian dan pengembangan (research and development).

Dalam penelitian pengembangan ini, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket serta menggunakan metode pengembangan dari Borg dan Gall (1983) yang telah dimodifikasi oleh peneliti, yaitu: (1) analisis kebutuhan, (2) pembuatan produk awal, (3) evaluasi ahli beserta revisi ahli, (4) uji kelompok kecil, (5) revisi I, (6) uji kelompok besar, (7) Revisi II dan hasil pengembangan.

Penelitian ini mengahasilkan produk berupa video pembelajaran renang gaya bebas dan buku panduan video pembelajaran renang gaya bebas dengan spesifikasi produk yang didalamnya berisi tentang pengenalan air, latihan meluncur, latihan gerakan kaki, latihan pernapasan, latihan koordinasi kaki dengan napas, latihan rotasi tangan, latihan koordinasi napas-tangan, dan renang lengkap.

Kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini adalah video pembelajaran renang gaya bebas sangat diperlukan untuk mempermudah mahasiswa khususnya Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan untuk belajar berenang gaya bebas. Dan sebaiknya, penelitian ini dikembangkan pada gaya renang yang lain.

 

ABSTRACT

 

Kuncoro, Satya. 2013. Learning Development of Swim I (Free Style) Using Learning Video For University Student of Physical and Healthy Education Faculty of Sport Science State University of Malang. Mini Thesis, Department of Physical and Healthy Education, Faculty of Sport Science, State University of Malang. Supervisors: (1) Drs. Mardianto, M.Kes, (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd.

 

Keywords: learning, swim, and learning video.

Swimming is one of lecture subject in the Department of Physical and Healthy Education, Faculty of Sport Science, State University of Malang. Based on the interview that conducted by the researcher with the lecturer of physical education on August, 29th 2012, it is obtained the result as follow: learning method that given during the swim lecturing are Part and Whole and also training method, during this time there is no learning media as the learning video of lecture subject in the swim 1 (one), it needs to be developed a learning media as the learning variety. Whereas, in the initial research through questionnaire spreading, the need assessment to the 21 university students that conducted on August, 29th 2012 obtained the result as follow: 10 university students agree, 10 university students really agree and 1 university student doesn’t agree if it is developed a learning of swim 1 using video.

This research aimed for finding a solution from existence problem with developing learning of swim 1 (free style) using learning video for University Student of Physical and Healthy Education Faculty of Sport Science State University of Malang. This research that conducted in the Department of Physical and Healthy Education and  Faculty of Sport Science State University of Malang included into research and development.

In this research and development, data analysis technique that used is analysis technique of descriptive using percentage. This technique used to analyze the data that obtained from questionnaire result and also using development method from Borg and Gall (1983) that modified by the researcher as follow: (1) needs analysis, (2) initial product making, (3) evaluation and revision by the expert, (4) small group test, (5) revision I, (6) large group test, (7) revision Ii and development result.

This research produce the product as free style swim learning video and guidance book of free style swim learning video with product specification that contain of water introduction, sliding practice, leg movement practice, breathing practice, leg-breathing coordination practice, hand rotation practice, breathing-hand coordination practice, and complete swim.

The conclusion that obtained from this research is learning video of free style swim is really needed to make an easier for university student, especially the university student in the Department of Physical and Healthy for learning of free style swim. And it will be better if this research developed in the other swim style.