SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Peraturan Permainan Sepakbola 11 dan 12 melalui VCD pada Mahasiswa PJK Angkatan 2010 Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas

didib riwayadi

Abstrak


ABSTRAK

 

Riwayadi, Didib. 2013. Pengembangan Pembelajaran Peraturan Permainan Sepakbola11 dan 12 melalui VCD pada Mahasiswa PJK Angkatan 2010 Fakultas IlmuKeolahragaan Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmanidan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Drs. Mahmud Yunus, M.Kes.(II) I Nengah Sudjana, S.Pd,M.Pd.

 

Kata kunci: pengembangan, pembelajaran, peraturan permainan 11 dan 12, VCD,Sepakbola.

Pada Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu KeolahragaanUniversitas Negeri Malang terdapat matakuliah T&P Sepakbola 2. Matakuliah tersebutmerupakan matakuliah lanjutan setelah menempuh matakuliah T&P sepakbola 1.Didalam matakuliah T&P sepakbola 2 terdapat beberapa materi ajar seperti, teknik danpola penyerangan, teknik dan pola bertahan,  peraturan pertandingan, peraturanpermainan. Berdasarkan observasi dan analisis kebutuhan yang dilakukan oleh peneliti,Penelitian awal (analisis kebutuhan) menunjukkan bahwa kurang lengkapnya mediapembelajaran pada matakuliah T&P sepakbola 2. Media pembelajaran yang pernah didapatkan responden hanya buku ajar saja dan 100% responden menyatakan memerlukanmedia pembelajaran peraturan permainan yang berupa video khususnya pada peraturanpermainan 11 dan 12 .

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan pembelajaranperaturan permainan sepakbola point 11 dan 12 melalui VCD pada 2010 mahasiswa PJKangkatan 2010. Pengembangan  Pembelajaran  Peraturan Permainan ini menggunakan  langkah-langkah penelitian dan pengembangan Research & Development (R&D) dari Borg &Gall (1983:775). Pengembangan pola latihan menggunakan 7 langkah  yaitu: 1).Melakukan penelitian awal, pengumpulan data, informasi termasuk kajian pustaka danobservasi lapangan. 2). Mengembangkan produk awal. 3). Evaluasi ahli. 4). Uji cobaproduk awal. 5). Revisi produk awal sesuai dengan kegiatan uji coba produk awal. 6).Uji coba lapangan. 7). Revisi produk sesuai dengan kegiatan uji coba lapangan.

Berdasarkan data yang berhasil dikumpulkan dari analisis para ahli dan hasil ujikelompok kecil dari aspek kemenarikan menyatakan 66,48% menarik dan 61,35%mudah dipahami. Dan uji lapangan untuk kelompok besar menyatakan 63,54% menarikdan 54,52% mudah dipahami.

Agar pengembangan pembelajaran peraturan permainan ini dapat digunakanpada sasaran yang lebih luas lagi, maka ada beberapa bagian produk yang perlu direvisi.Hal ini dilakukan untuk lebih memaksimalkan VCD pembelajaran peraturan permainan11 dan 12 yang dikembangkan sehingga beberapa kekurangan dalam proses editingvideo dapat tercukupi dan perlu ditambahkan keterangan divideo sehingga pesan yangdisampaikan jelas.