SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pola Latihan Menggunakan Karet Ban Untuk Meningkatkan Power Tendangan Dollyo Chagi Kaki Kiri Pada Cabang Olahraga Taekwondo di Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universita

agung indra permana

Abstrak


ABSTRAK

 

Permana, Agung Indra. 2013. Pengembangan Pola Latihan Menggunakan KaretBan Untuk Meningkatkan Power Tendangan Dollyo Chagi Kaki KiriPada Cabang Olahraga Taekwondo di Universitas Negeri Malang.Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas IlmuKeolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. EkoHariyanto, M.Pd (II) Drs. Mahmud Yunus, M.Kes.

 

Kata kunci: pengembangan, pola latihan, karet ban, power, dollyo chagi,Taekwondo

Di Unit Kegiatan Mahasiswa Taekwondo Universitas Negeri Malangtendangan dollyo chagi diajarkan kepada peserta latihan. Berdasarkan observasidan analisis kebutuhan yang dilakukan oleh peneliti, maka didapatkan datasebanyak 84,615% anggota menyatakan power tendangan kaki kirinya kurangbaik, dan sebanyak 53,846% anggota menyatakan membutuhkan pola-pola latihanyang berguna untuk meningkatkan power tendangan dollyo chagi kaki kiri.Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membuat pola latihanmenggunakan karet ban untuk meningkatkan power tendangan dollyo chagi kakikiri di Unit Kegiatan Taekwondo Universitas Negeri Malang agar lebih efektifdan efisien.

Pengembangan pola latihan menggunakan karet ban untuk meningkatkanpower tendangan dollyo chagi kaki kiri di Universitas Negeri Malang inimenganut langkah-langkah penelitian dan pengembangan Research &Development (R&D) dari Borg & Gall (1983:775). Pengembangan pola latihanmenggunakan 7 langkah  yaitu: 1). Melakukan penelitian awal, pengumpulan data,informasi termasuk kajian pustaka dan observasi lapangan. 2). Mengembangkanproduk awal. 3). Evaluasi ahli. 4). Uji coba produk awal. 5). Revisi produk awalsesuai dengan kegiatan uji coba produk awal. 6). Uji coba lapangan. 7). Revisiproduk sesuai dengan kegiatan uji coba lapangan.

Pola latihan dikembangkan melalui saran dan evaluasi dari ahliTaekwondo dan ahli media. Secara keseluruhan para ahli setuju dengan rancanganproduk yang dikembangkan. Hasil data yang diperoleh dari uji coba produk awalmendapatkan rata-rata persentase 76,56% dimaknai baik, dan hasil data yangdiperoleh dari uji coba lapangan mendapatkan rata-rata persentase 81,89%dimaknai sangat baik. Dari hasil tersebut maka produk pengembangan pola latihanmenggunakan karet ban untuk menungkatkan power tendangan dollyo chagi kakikiri pada cabang olahraga Taekwondo di Universitas Negeri Malang yangdikemas dalam bentuk video diharapapkan bisa menjadi salah satu alternatifpelat ihan Taekwondo dalam hal melat ih power tendangan.

Agar pengembangan pola latihan menggunakan karet ban untukmeningkatkan power tendangan dollyo chagi kaki kiri ini dapat digunakan padakancah yang lebih besar diperlukan penelitian dan pengembangan pada langkahke-8 sampai ke-10 menurut Borg dan Gall (1983:775), dan dievaluasi kembalidisesuaikan dengan kebutuhan sasaran yang ingin dituju.