SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Teknik Dasar Sepakbola Dalam Bentuk Multimedia Interaktif Berbasis Komputer Untuk Media Pembelajaran Ekstrakurikuler SMP Negeri 4 Malang

Bastaman Sasmito

Abstrak


ABSTRAK

 

Aji, Bastaman Sasmito. 2013. Pengembangan Teknik Dasar Sepakbola Dalam Bentuk Multimedia Interaktif Berbasis Komputer Untuk Media Pembelajaran Ekstrakurikuler SMP Negeri 4 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd, (2) Drs. H. Mahmud Yunus, M.Kes

 

Kata kunci: pengembangan, teknik dasar sepakbola, multimedia interaktif, media pembelajaran

Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan peneliti pada saat kegiatan ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri Malang berlangsung tanggal 22 Desember 2012, ditemukan (1) kegiatan ekstrakurikuler yang hanya dilaksanakan satu kali dalam satu minggu membuat jalannya latihan tidak efektif, (2) pelatih belum memberikan teknik dasar sepakbola secara lengkap, (3) pelatih kesulitan dalam mengontrol jalannya latihan, (4) pelatih kesulitan dalam mengelola kelas sehingga materi yang disampaikan tidak dapat dicerna oleh siswa dengan baik, (5) pelatih juga kesulitan dalam pengoreksian akan materi yang telah diberikan, (6) siswa juga kesulitan dalam mencerna materi yang diberikan pelatih karena suasana latihan yang tidak kondusif, (7) kesempatan siswa untuk mencoba atau mempraktikan materi yang diberikan oleh pelatih juga sedikit sehingga bakat mereka tidak dapat berkembang maksimal, (8) belum lagi jika hujan yang secara otomatis kegiatan ekstrakurikuler tidak dapat dilaksanakan, (9) penyampaian materi yang kurang variatif dan monoton mengakibatkan siswa cepat bosan dengan jalannya latihan.

Hasil analisis kebutuhan siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 4 Malang ditemukan 78,12% menyatakan kurang memahami materi yang diberikan. Sedangkan 81,25% belum pernah mendapatkan materi teknik dasar sepakbola secara lengkap dan variatif.  100% responden menyatakan guru atau pelatih belum pernah menggunakan media pembelajaran dalam penyampaian materi. Untuk kesukaan terhadap media pembelajaran, 12,5% menyukai e-book, 25% menyukai VCD Pembelajaran, 56,25% menyukai multimedia interaktif, dan 6,25% menyukai buku cetak. Sedangkan untuk ketersediaan komputer di rumah, 93,75% responden mempunyai komputer atau laptop di rumah. Kemampuan siswa dalam mengoperasikan komputer ditemukan sebanyak 15,63% mahir, 68,75% sedang dan 15,63% kurang bisa mengoperasikan komputer. Selanjutnya  tentang kebutuhan terhadap media pembelajaran, 100% menyatakan membutuhkan untuk dikembangkannya media pembelajaran melalui multimedia interaktif berbasis komputer.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan teknik dasar sepakbola dalam bentuk multimedia interaktif berbasis komputer yang diharapkan dapat menjadi media pembelajaran pada kegiatan ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 4 Malang.

Dari hasil analisis validasi sepakbola diperoleh hasil 86,20%, ahli media 95% maka produk pengembangan teknik dasar sepakbola dalam bentuk multimedia interaktif berbasis komputer untuk media pembelajaran ekstrakurikuler SMP Negeri 4 Malang layak digunakan sebagai media pembelajaran pada kegiatan ekstrakurikuler si SMP Negeri 4 Malang. Dari hasil uji coba (kelompok kecil) dengan menggunakan 12 siswa diperoleh presentase 91,37%, dan pada uji lapangan (kelompok besar) dengan menggunakan 35 subjek diperoleh presentase sebesar90,15% sehingga pengembangan teknik dasar sepakbola dalam bentuk multimedia interaktif berbasis komputer untuk media pembelajaran ekstrakurikuler SMP Negeri 4 Malang dapat digunakan.