SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

STUDI TENTANG TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA-SISWI SMP NEGERI 10 MALANG

Agustina Saptanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Saptanti, Agustina. 2013. Studi tentang Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa-Siswi SMP Negeri 10 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. M. E. Winarno, M.Pd, (II) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes.

 

Kata kunci: kebugaran jasmani, siswa.

Seseorang yang fisiknya bugar mempunyai stamina dalam melaksanakan tugas sehari-hari dan mempunyai kemampuan untuk menghadapi keadaan darurat tanpa mengalami kelelahan. Berdasarkan hasil tes oleh beberapa ahli yang menyatakan bahwa tingkat kebugaran jasmani generasi muda saat ini masih sangat kurang maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang tingkat kebugaran jasmani di SMP Negeri 10 Malang yang memiliki banyak prestasi di bidang olahraga dan kesehatan serta memiliki program tes kebugaran jasmani, akan tetapi belum dilakukan penelitian lebih lanjut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji tingkat kebugaran jasmani siswa-siswi SMP Negeri 10 Malang yang meliputi kemampuan kecepatan lari, kemampuan kekuatan otot perut, kemampuan daya tahan otot lengan, kemampuan daya ledak otot tungkai, kemampuan daya tahan kardiovaskuler, dan tingkat kebugaran jasmani siswa secara keseluruhan.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian expost facto. Instrumen penelitian adalah instrumen nontes berupa data dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data dokumen di SMP Negeri 10 Malang dari hasil tes versi Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) tahun 2008 dan 2009. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap mengkonversi hasil tes ke dalam tabel penilaian, menjumlahkan hasil konversi, mengkonversi hasil penjumlahan ke dalam tabel norma, dan menghitung persentase masing-masing tingkat kebugaran jasmani.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh enam simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, kemampuan kecepatan lari untuk putri menunjukkan peningkatan dengan skor rata-rata berada pada kategori kurang. Sedangkan untuk putra sedikit menurun dengan skor rata-rata berada pada kategori sedang. Kedua, kemampuan kekuatan otot perut putri mengalami penurunan dengan skor rata-rata berada pada kategori baik. Sedangkan untuk putra dominan meningkat dengan skor rata-rata berada pada kategori dominan baik. Ketiga, kemampuan daya tahan otot lengan putra dan putri dengan skor rata-rata relatif sama antara tahun 2008 dengan tahun 2009, dengan skor rata-rata berada pada kategori kurang. Keempat, kemampuan daya ledak otot/tenaga eksplosif putra dan putri menunjukkan peningkatan yang dominan dengan skor rata-rata berada pada kategori sedang dan kurang. Kelima, kemampuan daya tahan kardiovaskuler putra dan putri mengalami penurunan dengan skor rata-rata berada pada kategori kurang dan kurang sekali. Keenam, tingkat kebugaran jasmani siswa-siswi SMP Negeri 10 Malang secara keseluruhan mengalami penurunan, dan termasuk kategori kurang. Dari hasil tersebut maka peneliti menyarankan agar penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk peningkatan kebugaran jasmani siswa sehingga prestasi meningkat.