SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model-Model Pembelajaran Senam Lantai Sederhana Menggunakan VCD Untuk Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar

Fajar Adi Pamungkas

Abstrak


ABSTRAK

 

Pamungkas, Fajar Adi. 2013. Pengembangan Model-Model Pembelajaran Senam Lantai Sederhana Menggunakan VCD Untuk Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Lokananta Teguh H. W., M.Kes, (II) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd.,  M.Pd

 

Kata Kunci:  pengembangan, senam lantai, media pembelajaran

Penelitian ini dimulai berdasarkan permasalahan di SDN Sukabumi 7 Kota Probolinggo, yaitu pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang terkait dengan pembelajaran gerakan senam lantai sederhana belum memiliki banyak variasi. Guru pendidikan jasmani SDN Sukabumi 7 Kota Probolinggo menyatakan belum memiliki sumber belajar gerakan senam lantai sederhana menggunakan VCD.

Tujuan dari penelitian ini adalah, perlu mengembangkan model-model pembelajaran senam lantai sederhana menggunakan VCD yang sesuai dengan kebutuhan siswa kelas 1 dan guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di SDN Sukabumi 7 Kota Probolinggo. Diharapkan dengan adanya pengembangan model-model pembelajaran menggunakan VCD ini dapat membantu dalam proses belajar mengajar, khususnya pembelajaran gerakan senam lantai sederhana.

Prosedur pengembangan model-model pembelajaran senam lantai sederhana menggunakan VCD untuk siswa kelas 1 SD ini melalui beberapa tahap, antara lain: 1) melakukan analisis kebutuhan dengan melakukan riset dan pengumpulan informasi dalam melakukan penelitian awal. 2) Pembuatan rancangan produk. 3) Evaluasi para ahli dengan menggunakan 1 ahli media, 1 ahli pembelajaran dan 1 ahli senam. 4) pembuatan produk awal. 5) Uji coba kelompok kecil (a) dan melakukan revisi produk pertama sesuai dengan saran-saran dari tinjauan para ahli. 6) Uji coba kelompok besar (b) dengan subjek yang lebih banyak dan melakukan revisi produk yang kedua sesuai dengan saran-saran dari tinjauan para ahli.  7) Produk hasil akhir pengembangan.

Model-model pembelajaran senam lantai sederhana ini dikembangkan melalui saran dan evaluasi para ahli. Secara keseluruhan para ahli memberikan masukan yang baik dan setelah merevisi, produk siap untuk diuji cobakan. Hasil analisis data yang diperoleh dari uji coba kelompok kecil (a) adalah 98,3 %, sedangkan uji coba kelompok besar (b) adalah 96,2%. Oleh karena itu, berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa pengembangan model-model pembelajaran senam lantai sederhana menggunakan VCD untuk siswa kelas 1 Sekolah Dasar dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran dan dapat digunakan sebagai media belajar.