SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Jasmani bagi Siswa Kelas VII Semester Genap di SMPN 22 Malang.

Irianto Yosa Perkasa

Abstrak


ABSTRAK

 

Perkasa, Irianto Yosa. 2013. Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Jasmani bagiSiswa Kelas VII Semester Genap di SMPN 22 Malang. Skripsi, JurusanPendidikan Jasmani dan Kesehatan Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. M.E Winarno, M.Pd (2) Drs. Agus Tomi,M.Pd

 

Kata Kunci: Pengembangan, Buku Ajar dan Buku Ajar Pendidikan Jasmani

Pembelajaran pendidikan, jasmani dan kesehatan di SMPN 22 Malang kurang maksimal dalam pelaksanaannya. Hal ini disebabkan oleh, kurangnya tenaga pendidik, sarana prasarana yang kurang memenuhi kebutuhan pembelajaran dan referensi buku yang digunakan dalam proses pembelajaran hanya terpaku pada satu penerbit saja. Dari analisis kebutuhan diperoleh hasil, 62,5% siswa menyatakan pernah mengetahui adanya bahan ajar berupa buku ajar pendidikan jasmani pada kelas VII semester 2 di sekolah, 30,9% siswa menyatakan sering memperoleh sumber belajar dalam bentuk bahan ajar penjas kelas VII semester genap, 53,6% siswa menyatakan guru jarang mengajar menggunakan buku ajar penjas, 33,9% siswa menyatakan guru perlu menulis buku ajar penjas, 42,9% siswa memerlukan buku ajar pendidikan jasmani sebagai referensi, 73,2% siswa menyatakan satu penerbit jumlah buku bacaan pendidikan jasmani, 59,5% siswa menyatakan dengan adanya buku ajar memudahkan dalam proses belajar, 57,1% siswa menyatakan setuju jika dalam belajar penjas diberikan sumber belajar dengan menggunakan bahan ajar, 54,8% siswa menyatakan jika dalam kegiatan belajar pembelajaran pendidikan jasmani memiliki sumber belajar berupa buku ajar pendidikan jasmani yang tepat dan sesuai dengan sarana dan prasarana di SMPN 22 Malang, 45,2% siswa menyatakan sangat efektif dengan adanya soal-soal latihan didalam buku ajar menunjang dalam belajar penjas dan 83,3% siswa menyatakan sangat bermanfaat dari pengerjaan soal-soal latihan.  

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar pendidikan jasmani kelas VII semester genap yang disesuaikan dengan sarana prasarana di sekolah. Penelitian yang dilaksanakan di SMPN 22 Malang ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (research and development).

Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development Borg and Gall. Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif berupa persentase, yang digunakan untuk menganalisis hasil pengumpulan data dari penelitian awal (analisis kebutuhan), evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil dan kelompok besar.

Berdasarkan uji coba tahap I (kelompok kecil) dengan jumlah 10 siswa, diperoleh persentase dengan rata-rata 59,33%. Dari uji coba tahap II (kelompok besar) dengan jumlah 40 siswa, diperoleh persentase dengan rata-rata 77,80%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, buku ajar pendidikan jasmani kelas VII semester genap ini, memenuhi syarat kelayakan untuk pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan kelas VII semester genap di SMPN 22 Malang.

Disarankan dalam penggunaan sebaiknya dilaksanakan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada pada produk pengembangan tersebut. Dengan jumlah subyek yang lebih besar dan waktu yang digunakan sesuai dengan program latihan dalam kegiatan ekstrakurikuler bolabasket di sekolah. Diperlukan sosialisasi pada sekolah-sekolah SMP lainnya sehingga mendapatkan tingkat keefektifan dan efisiensi produk yang diharapkan.