SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model-model Permainan untuk Pembelajaran Lempar Lembing Gaya Langkah Silang (Cross Step) sebagai Latihan Pemanasan pada Siswa Kelas VIII D di SMP Negeri 5 Jombang

dicke marita anggraeni

Abstrak


ABSTRAK

 

Anggraeni, Dicke Marita. 2013. Pengembangan Model-model Permainan untuk Pembelajaran Lempar Lembing Gaya Langkah Silang (Cross Step) sebagai Latihan Pemanasan pada Siswa Kelas VIII D di SMP Negeri 5 Jombang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mulyani Surendra, M.S, (II) Drs. Agus Tomi, M.Pd.

 

Kata kunci: Pengembangan, model-model permainan, lempar lembing, gaya langkah silang (cross step).

Lempar lembing merupakan salah satu olahraga perorangan yang termasuk nomor lempar dalam atletik. Lempar lembing mempunyai 2 gaya yaitu gaya jingkat dan gaya langkah silang (cross step). Jenis olahraga ini sangat berbahaya sehingga penuh perhatian untuk keamanan peraturannya, maka dari itu melalui pola permainan pemanasan yang dikemas dalam permainan-permainan diharapkan akan memberikan solusi yang sesuai dalam pengembangan metode pembelajaran. SMP Negeri 5 Jombang hanya mempunyai satu lapangan basket, maka dari itu guru jarang memberikan pembelajaran lempar lembing karena lapangan tidak memadai. Oleh karena itu, model permainan pemanasan menggunakan peralatan yang mudah dibuat dan digunakan sangat dibutuhkan oleh siswa. Hasil analisis kebutuhan awal dari guru Penjasorkes dan siswa kelas VIII D SMP Negeri 5 Jombang adalah mereka membutuhkan model-model permainan untuk pembelajaran lempar lembing gaya langkah silang (cross step) yang bervariasi. Sehingga peneliti melakukan penelitian dan pengembangan model-model permainan pemanasan untuk pembelajaran lempar lembing gaya langkah silang (cross step). Tujuan penelitian adalah mengembangkan model-model permainan untuk pembelajaran lempar lembing gaya langkah silang (cross step) sebagai latihan pemanasan bagi siswa kelas VIII D di SMP Negeri 5 Jombang.

Prosedur pengembangan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall dengan memodifikasi dari 10 langkah menjadi 8 langkah, yaitu observasi dan pengumpulan data, mengembangkan produk, evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil, revisi produk, uji coba kelompok besar, revisi produk akhir dan menghasilkan produk akhir.

Tempat penelitian di SMP Negeri 5 Jombang, subjek uji coba terdiri (1) Tinjauan ahli dengan 2 pembimbing sebagai justifikator dalam aspek pembelajaran Penjas, atletik, dan permainan, (2) Uji coba kelompok kecil, (3) Uji coba kelompok besar.

Hasil evaluasi dan persentase dari 2 pembimbing sebagai justifikator pada aspek pembelajaran Penjas menyatakan 79,5% produk pengembangan baik sehingga dapat digunakan. Pada aspek atletik dinyatakan 80% produk pengembangan baik sekali sehingga dapat digunakan. Sedangkan pada aspek permainan dinyatakan 80,71% produk pengembangan baik sekali sehingga dapat digunakan. Untuk uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase 77,25% sehingga produk dinyatakan baik dan dapat digunakan, sedangkan persentase pada uji coba kelompok besar terdapat penilaian sebesar 76,91% sehingga produk juga dinyatakan baik dan dapat digunakan.