SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran T & P Tenis Lapangan I Menggunakan Multimedia Interkatif Untuk Mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Faukultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Rizqi Ariska Rama

Abstrak


ABSTRAK

 

Rizqi Ariska Rama. 2013. Pengembangan Pembelajaran T & P Tenis Lapangan I Menggunakan Multimedia Interkatif Untuk Mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Faukultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. HeruWidijoto, M.S(II) Drs. LokanantaTeguh H.W, M.Kes.

 

Kata kunci: Pembelajaran, T & P Tenis Lapangan I, Multimedia Interkatif

T & P Tenis Lapangan I merupakan salah satu mata kuliah yang harus di tempuh oleh mahasiswa pendidikan jasmani dan kesehatan Universitas Negeri Malang,Untuk dapat menjadi sumber belajar dalam kegiatan belajar mengajar matakuliah T & P Tenis Lapangan I,diperlukan pembelajaran yang mampu memberikan sumber belajar dalam pembelajaran matakuliah tersebut.

Berdasarkan penelitian awal yang dilakukan terhadap dosen pengampu matakuliah T & P Tenis Lapangan I dengan cara wawancara, dan melalui pengisian angket kepada mahasiswa Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK)FakultasIlmuKeolahragaan (FIK) Universitas Negeri Malang dan berdasarkan hasil yang dilakukan peneliti terhadap 30 mahasiswa FIK Univesitas Negeri Malang dapat diketahui bahwa dibutuhkan sebuah produk pembelajaran berupa multimendia interaktif.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk pengembangan berupa pembelajaran T & P Tenis Lapangan I menggunakan multimedia interaktif, dan Produk ini diharapkan dapat membantu/memberi kemudahan kepada dosen untuk menyampaikan materi matakuliah T & P Tenis Lapangan I dan membantu mahasiswa untuk memahami konsep dalam pembelajaran mata kuliah T & P tenis lapangan I.

Metode pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan dari Borg and Gall. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa angket. Angket diberikan pada dua orang ahli pembelajaran tenis lapangan dan satu orang ahli media, uji coba (kelompok kecil) terhadap 6 mahasiswa angkatan 2011FIK PJK Universitas Negeri Malang dan uji lapangan (kelompok besar) terhadap 36 mahasiswa angkatan 2011 FIK PJK Universitas Negeri Malang

Produk ahir dalam pengambangan ini adalah berupa multimedia interaktif yang dapat di pakai dosen untuk menyampaikan konsep pada perkuliahan T & P Tenis Lapangan I sebagai tugas mandiri dengan pelaksanaan diluar jam tatap muka perkuliahan. Dan mahasiswa dapat melaksanakan pembelajaran diluar jam tatap muka terkait dengan pengusaaan konsep tentang teknik dasar tenis lapangan pada matakuliah T & P Tenis Lapangan I.

Hasil Penelitian dan pengembangan ini masih terbatas sampai tersusun sebuah produk saja, sebaiknya dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui tingkat efektivitas dari produk pembelajaran Tenis Lapangan I menggunakan multimedia interaktif untuk mahasiswa FIK PJK Universitas Negeri Malang Sebelum disebarluaskan keruang lingkup yang lebih luas sebaiknya produk ini dievaluasi kembali dan disesuaikan dengan sasaran yang ingin dituju Agar pengembangan pembelajaran ini dapat digunakan pada kancah yang lebih besar perlu dilakukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut.