SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk Kelas X Semester Genap di SMK Muhammadiyah 3 Singosari.

Windy Triono

Abstrak


ABSTRAK

 

Triono, Windy. 2013. Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk Kelas X Semester Genap di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sri Purnami MP.d, (II) Drs. Lokananta Teguh H.W, M.Kes.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Buku Ajar, Pendidikan jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan merupakan salah satu mata pelajaran yang tercantum dalam isi kurikulum pendidikan. Seperti mata pelajaran yang lain, pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan juga memerlukan media pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk menunjang proses pembelajaran. Kondisi di lingkungan SMK Muhammadiyah 3 Singosari dengan kondisi sarana dan prasarana yang masih belum memadai, maka perlu suatu media pembelajaran yang cocok untuk dikembangkan di sekolah, media tersebut berbentuk praktis, mudah digunakan tanpa perlu memerlukan peralatan khusus seperti komputer atau laptop, media yang dimaksud adalah buku ajar, dengan buku ajar siswa dapat belajar secara praktis tanpa memerlukan peralatan khusus, dengan adanya buku ajar tersebut siswa diharapkan dapat aktif mengikuti proses belajar mengajar dengan tekun dan memperoleh pengetahuan dari isi buku ajar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar pendidikan jasmani kelas X semester genap yang disesuaikan dengan sarana prasarana di sekolah. Penelitian yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 3 Singosari ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (research and development).

Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development Borg and Gall. Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif berupa persentase, yang digunakan untuk menganalisis hasil pengumpulan data dari penelitian awal (analisis kebutuhan), evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil dan kelompok besar.

Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil terhadap 12 orang siswa diperoleh persentase 83,9% dan uji coba kelompok besar terhadap 35 orang siswa diperoleh persentase 81,9% , dari hasil persentase uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar maka pengembangan Buku Ajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk Kelas X Semester Genap di SMK Muhammadiyah 3 Singosari layak untuk digunakan. Sehingga, tidak diperlukan revisi dari uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar.

Produk yang dihasilkan dari pengembangan ini berupa Buku Ajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Peneliti berharap dapat membantu meningkatkan interaksi antara guru dengan siswa dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada semester genap kelas X SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Selain itu, peneliti juga berharap Buku Ajar ini dapat disebarluaskan pada sekolah lain yang memiliki KTSP yang sama.