SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Permainan Lempar Tangkap Merah Putih pada Permainan Bola Tangan dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

GAGAS BAREB PRIMADINATA

Abstrak


ABSTRAK

 

Bareb Primadinata, Gagas. 2013. Pengembangan Permainan Lempar Tangkap

Merah Putih pada Permainan Bola Tangan dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mahmud Yunus, M.Pd, (II) Dr. Asim, M.Pd

 

Kata Kunci:    Pengembangan, Permainan, Lempar Tangkap Merah Putih.

 

Hasil pengamatan dan analisis kebutuhan yang diperoleh peneliti melalui penyebaran angket kepada siswa dan guru olahraga di SDN Bugasurkedaleman II Gudo Jombang menunjukkan bahwa permainan bola tangan yang diajarkan guru kepada siswa masih kurang menarik minat siswa karena terbukti masih banyak siswa yang kurang aktif dalam melakukan permainan. Oleh karena itu peneliti mengembangkan permainan yang menyerupai bola tangan yang dikemas dalam bentuk permainan lempar tangkap merah putih.

Permainan “Lempar Tangkap Merah Putih” adalah permainan yang menyerupai bola tangan, dikembangkan sebagai permainan pemanasan sebelum melakukan permainan bola tangan yang sebenarnya. Di dalam permainan ini keterampilan gerak dasar yang ingin dikembangkan hampir sama dengan bola tangan yaitu keterampila gerak dasar lempar dan tangkap bola.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan permainan “Lempar Tangkap Merah Putih” pada permainan bola tangan yang diharapkan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.

Prosedur penelitian pada penelitian ini menggunakan 7 langkah dari 10 langkah yang terdapat dalam  Borg and Gall. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini antara yaitu; (1) analisis kebutuhan, (2) perencanaan pengembangan produk, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba kelompok kecil, (5) revisi hasil uji coba kelompok kecil, (6) uji lapangan kelompok besar, (7) revisi hasil uji lapangan kelompok besar dan hasil akhir produk. Jadi penelitian ini hanya sampai tahap pembuatan produk akhir tanpa uji keefektifan produk.

Berdasarkan hasil anaisis data uji coba (kelompok kecil) diperoleh persentase 82,95% dan persentase tersebut termasuk dalam kriteria baik serta hasil anaisis data uji lapangan (kelompok besar) diperoleh persentase 84,2% juga termasuk dalam kriteria baik, sehingga produk ini layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. 

 

ABSTRACT


Bareb Primadinata, Gagas. 2013. Game Development Throw Catch

Red and White on the Learning Games Handball Sport Physical Education and Health. Thesis, Department of Physical Education and Health, Faculty of Sport, University of Malang. Supervisor: (I) Drs. Mahmud Yunus, M.Pd

(II) Dr.Asim, M.Pd

 

Keywords: Development, Game, Throw Catch the Red and White.

 

The observation and analysis of the needs of the researcher obtained by distributing questionnaires to students and the gym teacher at SDN Bugasurkedaleman II Gudo Jombang shows that handball game that taught teachers to students still lack proven to attract students because there are many students who are less active in the game. Therefore, researchers developed a game that resembles a hand ball toss game is packaged in a red and white gear.

Game "Throw Catch Red and White" is a game that resembles a hand ball, was developed as a warm up game before the actual game of handball. In the game's basic motor skills to be developed similar to the hand ball keterampila basic throwing motion and catch the ball.

The purpose of this study is to develop the game "Throw Catch Red and White" on the handball game that is expected to increase the activity of students in the learning of physical education and sports health.

Research procedures in this study using the 7 steps of the 10 steps contained in Borg and Gall. The steps in this research include that: (1) needs analysis, (2) product development plans, (3) initial product development, (4) a small test group, (5) revision of the results of a small pilot group, ( 6) field test large groups, (7) revision of the results of the field test group and the results of the final product. So this study only up to the stage to the final product without testing the effectiveness of the product.

Based on the results of the trial data anaisis (s) gained 82.95% and the percentage of that percentage included in the criteria as well as the results of the field test data anaisis (large group) obtained 84.2% percentage is also included in both criteria, so that the product is worth to used in the learning process.