SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Permainan Passing Atas Bolavoli di Sma Brawijaya Smart School Malang

zusron ari wahyudi

Abstrak


ABSTRAK

Zusron Ari Wahyudi. 2013. Pengembangan Pembelajaran Permainan Passing Atas Bolavoli di Sma Brawijaya Smart School Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Roesdiyanto, M. Kes, (II) Dr. Asim, M.Pd.

 

 

Kata Kunci : Pembelajaran, Pendidikan Jasmani, Permainan, Passing atas Bolavoli.

Permainan passing atas bolavoli adalah permainan yang menggunakan passing atas bolavoli sebagai inti dari permainan. Di dalam permainan passing atas bolavoli terdapat unsur kelincahan, keseimbangan dan koordinasi. Dari hasil analisis kebutuhan yang dilakukan di SMA Brawijaya Smart School Malang, dapat diketahui bahwa pembelajaran menggunakan permainan passing atas bolavoli sudah pernah diberikan oleh guru pendidikan jasmani, tetapi pembelajaran tersebut masih kurang bervariasi sehingga peneliti mengembangkan pembelajaran permainan passing atas bolavoli.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan pembelajaran permainan passing atas bolavoli di SMA Brawijaya Smart School Malang. Sehingga dengan adanya pengembangan permainan ini diharapkan dapat membantu dan mempermudah dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani.

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan. Pada pengembangan pembelajaran permainan passing atas bolavoli di SMA Brawijaya Smart School Malang, peneliti tidak memakai keseluruhan langkah-langkah model pengembangan oleh Borg, dan Gall (1983:775), tetapi hanya menggunakan 7 langkah, karena disesuaikan dengan keadaan lapangan, keterbatasan waktu, dan tenaga. Jadi penelitian ini hanya sampai tahap pembuatan produk akhir tanpa uji keefektifan produk.

Sedangkan berdasarkan hasil analisis data uji coba (kelompok kecil) diperoleh persentase permainan Bola halilintar 86%, persentase permainan Roda Berputar 85%, persentase permainan Rotasi bola 88,4%, persentase tersebut termasuk dalam kriteria baik sekali serta hasil anaisis data uji lapangan (kelompok besar) diperoleh persentase permainan Bola halilintar 84,3%, persentase permainan Roda Berputar 84%, persentase permainan Rotasi bola 84,06%, sehingga juga termasuk dalam kriteria baik sekali.