SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Renang Gaya Bebas Menggunakan Metode Part and Whole Pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 1 Candi Kabupaten Sidoarjo.

afri indra lesmana

Abstrak


ABSTRAK

 

Indra, Afri. 2013. Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Renang Gaya Bebas Menggunakan Metode Part and Whole Pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 1 Candi Kabupaten Sidoarjo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd, M.Pd, (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd.

 

Kata Kunci: PTK, metode part and whole,renang gaya bebas

 

Pendidikan jasmani merupakan bagian pendidikan secara umum yang mengutamakan aktivitas gerak sebagai media dalam pembelajaran. Pendidikan jasmani mempunyai peran penting untuk meningkatkan kualitas manusia.

Begitu juga dengan pembelajaran penjasorkes, banyak sekali variasi-variasi pembelajaran penjasorkes yang dapat diterapkan sehingga pembelajaran menjadi menarik. Tetapi kenyataan di lapangan banyak dijumpai pembelajaran penjasorkes mengalami kesulitan atau menjadi tidak menarik untuk dilakukan oleh siswa, sehingga proses pembelajaran menjadi tidak efektif. Hal ini disebabkan materi yang akan diajarkan memang tidak disukai oleh siswa, atau metode yang dipakai oleh guru tidak tepat untuk materi yang akan diberikan.

Penerapan Metode Part and Whole diharapkan bisa memberikan motivasi kepada siswa untuk mengikuti pembelajaran dan diharapkan pula dapat meningkatkan kemampuan renang gaya bebas.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi siswa mengikuti pembelajaran penjasorkes setelah dilaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan penerapan metode part and whole dan dengan adanya peningkatan motivasi belajar ini diharapkan terjadi peningkatan pula pada penguasaan materi renang gaya bebas.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Siklus I pada Pertemuan ke-1 kamis, 28 Februari 2013, Pertemuan ke-2 kamis, 7 Maret 2013 dan Pertemuan ke-3 kamis, 14 Maret 2013 sedangkan untuk siklus II pada pertemuan ke-1 kamis, 21 Maret 2013 dan siklus II pada pertemuan ke-2 kamis, 28 Maret 2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Candi Kelas VIII-A dengan 32 siswa yang terdiri 15 siswa putra dan 17 siswa putri.

Hasil penelitian penerapan metode part and whole terbukti dapat meningkatkan motivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran penjasorkes materi renang gaya bebas dengan data tingkat kepuasan mengikuti pembelajaran sebesar siklus I pertemuan ke-1 (34,38%), pertemuan ke-2 (39,38%), pertemuan ke-3 (55%), untuk siklus II pertemuan ke-1 (64,79%) dan pertemuan ke-2 (86,04%).      Kesimpulan dari penelitian ini adalah  Penerapan penerapan metode part and whole dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa untuk mengikuti pembelajaran penjasorkes pada materi renang gaya bebas sehingga dengan meningkatnya motivasi dan pertisipasi diharapkan dapat meningkat pula penguasaan materi pembelajaran.