SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Materi Narkoba Dengan Media Interaktif Untuk Siswa Kelas X

Adi Budi Wiranata

Abstrak


ABSTRAK

 

Wiranata, Adi Budi. 2013.Pengembangan Pembelajaran Materi Narkoba Dengan Media Interaktif Untuk Siswa Kelas X. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Wasis Djoko Dwiyogo, M.Pd. (2) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd.

 

Kata Kunci: Penelitian pengembangan, media interaktif, pembelajaran, Narkoba

 

Narkoba adalah obat atau zat yang dapat menenangkan syaraf, mengakibatkan ketidaksadaran, atau pembiusan, menghilangkan rasa nyeri dan sakit, menimbulkan rasa mengantuk atau merangsang, dapat menimbulkan efek stupor, serta dapat menimbulkan adiksi atau kecanduan. Penggunaan Narkoba dapat mengakibatkan dampak negatif terhadap fisik dan psikis, untuk itu penyuluhan narkoba atau pemberian materi tentang bahaya narkoba harus digalakkan di sekolah-sekolah. Hal ini bertujuan agar siswa atau peserta didik memahami dengan baik bahwa memakai narkoba itu sangat berbahaya. Jika peserta didik memahami hal tersebut diharapkan mereka dapat terhindar dari jerat narkoba. Dalam penyampaian materi narkoba hendaknya guru menggunakan media pembelajaran yang dapat menarik minat belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara 78,75% siswa memilih e-book/softwere komputer sebagai media yang diminati dan guru pendidikan jasmani di SMA Negeri 2 madiun belum memiliki media pembelajaran.

Berdasarkan uraian diatas penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran materi narkoba dengan menggunakan media interaktif yang diharapkan mampu menarik dan meningkatkan minat belajar siswa khususnya pada materi narkoba. media pembelajaran ini juga bertujuan untuk mempermudah siswa dalam menguasai materi yang disampaikan oleh guru.

Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan research and development dari Bord dan Gall yang telah dimodifikasi oleh peneliti. Prosedur penelitian dan pengembangan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) analisis kebutuhan melalui wawancara dan penyebaran angket, (2) pembuatan rancangan prodak berdasarkan hasil wawan cara dan penyebaran angket, (3) produk awal (berupa media pembelajaran interaktif materi narkoba) selanjutnya dievaluasi oleh satu ahli media, satu ahli pembelajaran, satu ahli kesehatan dan kemudian melakukan revisi produk, (4) Uji coba kelompok kecil pada 16 subjek, (5) revisi produk sesuai dengan analisis pada uji coba kelompok kecil, (6) uji coba kelompok besar yang dilakukan pada 35 subjek, (7) Melakukan revisi untuk penyempurnaan produk akhir.

Berdasarkan pengumpulan data menggunakan instrument dalam bentuk kuisioner didapat hasil sebagai berikut. (1) hasil evaluasi ahli media memperoleh angka sebesar 100% sehingga dinyatakan baik dan layak untuk digunakan, ahli pembelajaran 100% dinyatakan baik dan layak untuk digunakan, dan ahli kesehatan 90% dinyatakan baik dan layak untuk digunakan. (2) hasil uji kelompok kecil memperoleh angka sebesar 79,23% dinyatak baik dan layak untuk digunakan (3) hasil uji kelompok besar memperoleh angka sebesar 81,43% dinyatakan baik dan layak untuk digunakan.

Hasil produk pengembangan berupa media pembelajaran interaktif berisikan konsep-konsep materi tentang narkoba. Produk ini akan dikemas dalam bentuk CD (compact disc) dan dilengkapi dengan buku petunjuk penggunaan. Produk yang dikembangkan dalam bentuk software komputer ini memiliki kelebihan sebagai berikut: (1) Siswa lebih antusias dan tertarik dalam proses pembelajaran, hal ini dikarenakan produk yang digunakan sangat menarik, sebab pada penyajiannya dilengkapi dengan background musik, animasi, video dan gambar yang dapat berinteraksi dengan penggunanya sehingga pengguna mampu mengontrol dan memilih apa yang menjadi keinginan pengguna, (2) Lebih mudah untuk dipelajari, karena media pembelajaran ini dilengkapi dengan tombol-tombol menu pada setiap tampilanya sehingga pengguna dapat memilih materi yang akan dipelajari sesuai dengan keinginan pengguna, (3) produk ini sangatlah praktis dan efisien untuk digunakan karena ukuran file yang relatif kecil dan sangat mudah digandakan untuk kepentingan pendidikan, terutama dalam pembelajaran pendidikan jasmani.